27 Kiat Sehat dan Relevan Saat Pandemi

Kiat Sehat dan Relevan Saat Pandemi – Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir satu semester di Indonesia. Namun kondisi yang diharapkan untuk segera reda masih belum terlihat. Kasus konfirmasi positif masih terus naik, bahkan hampir setiap hari menjadi rekor atas hari sebelumnya.

Kebutuhan Hidup Sehat

Keberadaan ini semakin mempersulit masyarakat untuk berkegiatan secara normal. Menjadi susah juga untuk tetap relevan saat pandemi. Hal penting seperti membeli kebutuhan hidup sehari-hari dan berkunjung ke suatu tempat masih harus dibatasi. Bahkan hal yang darurat, seperti membeli obat saat sakit ataupun berolahraga masih sangat terbatas. Kebutuhan primer untuk hidup sehat menjadi pilihan kesekian karena pandemi ini.

Hidup sehat bisa dimulai dengan berolahraga secara teratur dan mengatur makanan serta yang masuk kedalam tubuh. Namun sejak ada pandemi, relevan saat pandemi menjadi hal yang berharga.

Menjadi Relevan Saat Pandemi

Relevan berarti kita menyesuaikan diri dengan kondisi sekitar. Kita tidak menjadi reaktif, namun terus aktif mencari jalan keluar atas berbagai permasalahan yang mendera. Menjadi relevan berarti kita menjadi manusia yang terus bergerak tidak diam di tempat menyalahkan keadaan.

Menjadi relevan saat pandemi berarti kita mencari berbagai solusi atas segala keterbatasan di saat pandemi. Keterbatasan yang membuat hidup kita tidak berjalan normal seperti biasanya. Keterbatasan yang membuat hidup kita tidak produktif dan bermanfaat.

Mengurai Kiat Sehat Saat Pandemi

Selain masalah kesehatan tubuh, kesehatan mental juga harus dijaga dengan baik. Berikut saya uraikan beberapa hal yang bisa menjadi kiat untuk tetap sehat ketika pandemi:

  1. Tidur nyenyak setiap malamnya sekitar 7–8 jam untuk orang dewasa.
  2. Berkumur air garam hangat dua kali sehari. Ini membuat mukosa di bagian belakang mulutmu menjadi penghalang untuk virus.
  3. Minumlah setidaknya delapan gelas air sehari untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik.
  4. Jika kamu memiliki humidifier, gunakanlah. Pastikan untuk menggunakannya dengan benar (dan bersihkan setiap hari). Kita tahu bahwa virus lebih sulit hidup di sistem pernapasan kita ketika udara sekitar memiliki kelembapan 40%.
  5. Hindari hal-hal yang membuat dehidrasi seperti terlalu banyak kopi.
  6. Masak makanan dengan penguat kekebalan alami seperti bawang putih, jahe, kunyit, dan kaldu dari tulang ayam.
  7. Pertimbangkan mengonsumsi sirup obat, yang dapat mempersingkat durasi penyakit virus seperti influenza.
  8. Tingkatkan jumlah seng dalam makananmu dengan makan lebih banyak buncis, almond, kacang mete, biji labu, dan oatmeal.
  9. Singkirkan alkohol (hal tersebut memperburuk sistem kekebalan).
  10. Jangan merokok (hal itu membahayakan pertahanan sistem pernapasanmu).
  11. Dapatkan waktu yang baik di luar ruangan setiap hari. Pastikan kulitmu terkena sinar matahari untuk mengaktifkan penerimaan vitamin D secara alami.
  12. Gali halaman rumah. Tanam kebun sendiri. Mulailah beberapa benih. Pembibitan lokal mulai menjual sebagai layanan penting. Taruh mereka di tanah. Sistem pangan kita bergantung pada tenaga kerja dari banyak pekerja pertanian yang hidupnya juga terancam oleh pandemi ini. Sangatlah berharga untuk mulai melokalisasi produksi pangan sebanyak mungkin.
  13. Minum vitamin C dosis tinggi setiap hari selama pandemi. Jika kamu rentan terhadap batu ginjal, pertimbangkan untuk menambahkan jus lemon segar dari dua lemon dengan banyak air ke dalam rutinitas harianmu.
  14. Ada beberapa data awal bahwa melatonin dapat mengurangi peradangan yang meluas seperti yang kita lihat pada penyakit ini. Pertimbangkan untuk mengonsumsi 5 mg melatonin di malam hari, yang juga dapat membantumu tidur selama 8 jam.
  15. Ekspresikan penghargaan dengan lantang kepada bumi yang mendukungmu dan orang yang yang mencintaimu.
  16. Bernyanyilah dengan lantang! Ini meningkatkan kapasitas paru-paru dan stimulasi saraf vagal dapat menenangkan tubuhmu yang terlalu cepat stres.
  17. Peluk erat anakmu dengan baik. Mereka luar biasa dan tidak akan muda selamanya.
  18. Hubungi ibumu jika bisa dan katakan padanya bahwa kamu bersyukur untuknya.
  19. Hubungi ayahmu jika bisa dan katakan hal yang sama padanya.
  20. Periksa orang tua. Berbelanjalah untuk mereka sehingga mereka tidak perlu berada di tempat umum. Kirimkan bahan makanan untuk mereka. Jangan mengunjungi mereka secara langsung. Bantu mereka mengatur obrolan video dalam waktu isolasi ini.
  21. jangan ada pertemuan. Jangan boleh menginap. Jangan ada teman yang bermain bebas. Tetaplah berada di dalam rumahmu.
  22. Jika kamu stres dan merasa terisolasi yang disebabkan oleh pandemi ini, hubungi kerabat atau keluaga dekat. Buatlah karya seni, seperti membuat musik.
  23. Cuci tanganmu. Jangan sentuh wajahmu.
  24. Saat pergi ke tempat umum, kenakan masker dan pakai sarung tangan jika memungkinkan. Jika kamu memiliki rambut panjang, kenakan dengan sanggul atau di bawah topi. Saatkamu kembali ke rumah, lepaskan lapisan luar pakaian ini. Cuci tangan atau mandi.
  25. Jika memungkinkan, kenakan kacamata dan jauhi lensa kontak selama pandemi.
  26. Menmberikan pencerdasan untuk mengambil alih kamar dan unit rumah yang kosong untuk tujuan melindungi anggota keluarga ketika karantina apabila diperlukan.
  27. Mulailah praktik membayangkan dunia seperti yang kamu inginkan. Mulailah membayangkan langkah-langkah praktis bagaimana kamu bisa membuatnya seperti mimpimu. Kamu harus membangun bersama dunia yang baru setelah melewati pandemi ini. Mulai rencanakan sekarang agar tetap relevan saat selesai pandemi.

Rutin Vaksinasi Untuk Relevan Saat Pandemi

Selain kedua puluh tujuh tips diatas vaksinasi merupakan hal yang tidak bisa ditinggal. Vaksinasi memberikan banyak sekali manfaat salah satunya adalah pencegahan atas penyakit yang gampang menular. Vaksin memberikan perlindungan dan kekuatan pertahanan dari berbagai hal yang berbahaya, salah satunya penyakit infeksi.

Vaksin akan membentuk kekuatan dan daya tahan butuh lewat senyawa yang ada di dalamnya. Antibodi tubuh akan terangsang dan hal-hal yang menjadi sebab datangnya infeksi akan dilawan. Kebutuhan akan vaksin ini bisa dengan mudah teman-teman dapatkan lewat platform Halodoc. Apalagi untuk teman-teman yang berada di Jawa Timur, khususnya Surabaya, sangat banyak sekali alternatif tempat untuk mendapatkan di Vaksin Surabaya.

Platform ini merupakan salah satu startup terbaik di bidang kesehatan yang mendisrupsi industri. Berbagai macam kebutuhan kesehatan berkaitan info mengenai gejala penyakit, konsultasi kesehatan dengan dokter, dan kebutuhan akan obat-obatan ringan di saat darurat. Halodoc juga terkoneksi dengan unicorn kebanggan anak bangsa, Gojek. Sehingga manfaatnya dapat berlipat karena terintegrasi dengan pengiriman dan sistem di belakangnya.

Terus tetap sehat dan relevan saat pandemi dengan berbagai tips hidup sehat ya teman-teman~

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment