5 Cara Menjadi Programmer Hebat!

5 Cara Menjadi Programmer Hebat! dengan Ikut Kursus Programming Online – Bagi para lulusan IT tentu sebagian besar mempunyai tujuan untuk menjadi seorang programmer. Dengan menjadi seorang programmer pada umumnya karir mereka cukup lancar dan juga gaji yang diterima lebih dari cukup.

Menjadi Programmer Hebat!

Walaupun pekerjaan programmer menuntut belajar terus menerus tanpa henti dan merupakan profesi yang sangat menantang tapi banyak juga yang mencoba peruntungan mereka dalam profesi ini. Hasilnya ada sebagian yang berhasil berkarir menjadi seorang programmer dan ada juga yang gagal.

Bagi yang berhasil umumnya mereka gampang untuk berpindah-pindah kerja, mencari gaji yang lebih tinggi dan tidak sedikit juga yang berhasil masuk jajaran manajemen perusahaan bahkan ada yang bisa mendirikan perusahaan IT. Bagi yang gagal umumnya berkarir pada bidang lain yang tidak ada hubungan dengan bidang IT.

Artikel ini akan membahas tip dan trik memulai karir sebagai programmer hebat dan mengembangkan karir dengan profesi ini.

Kembangkan Kemampuan Bukan Hanya Teori

Banyak calon programmer hebat yang sudah menghabis waktu berjam-jam melihat video e-learning, berhari-hari untuk membaca tutorial coding tapi begitu turun langsung untuk coding mereka langsung kebingungan.

Masalah ini karena kebanyakan calon programmer tidak mengasah kemampuan coding mereka tapi hanya tahu konsep dan teorinya saja. Untuk mengasah kemampuan coding diperlukan jam terbang yang tinggi dalam dunia coding yang sebenarnya.

Ada beberapa cara mengasah kemampuan coding, pertama dengan menyelesaikan tugas-tugas coding, mulai dari tugas yang sederhana sampai tugas yang rumit. Butuh puluhan tugas bahkan ratusan tugas yang harus diselesaikan agar calon programmer hebat memiliki kemampuan coding yang mumpuni.

Cara kedua yaitu dengan terjun langsung kedalam proyek pengembangan perangkat lunak. Mungkin bisa dimulai dari proyek-proyek freelancer kecil kemudian berkembang menjadi proyek-proyek yang cukup besar.

Ada beberapa lembaga pelatihan yang menyediakan kursus programming yang langsung fokus kepada pengerjaan tugas-tugas coding dan pengerjaan proyek-proyek, contohnya kursus programming Nextgen.

Biasakan Belajar Dalam Tim

Seorang programmer hebat yang berhasil biasanya akan masuk kedalam proyek yang besar, suatu proyek yang besar memerlukan tim yang besar untuk diselesaikan. Sering terjadi seorang programmer yang bagus secara teknis tapi gagal bekerja dalam tim karena berbagai hal.

Belajar atau bekerja dalam tim ini bisa dibiasakan mulai dari kuliah. Kerjakan tugas atau proyek freelance secara bersama-sama, bentuk tim kecil misal 2 atau 3 orang, kemudian selesaikan proyek tersebut bersama.

Bekerja dalam tim ini dapat membantu kemampuan berbagi tugas, mengasah kemampuan berdiskusi dan memecahkan problem berat bersama-sama.

Belajar Menggunakan Framework

Kemampuan sintak coding sebenarnya hanya kemampuan dasar dalam dunia pemrograman. Misal, jangan sampai seorang calon programmer hebat berpikir mereka sudah bisa coding dengan hanya mahir membuat looping, membuat kondisi, membuat obyek dan sejenisnya.

Kebanyakan aplikasi tidak dibuat diatas kemampuan seperti itu. Kebanyakan aplikasi dibuat diatas suatu framework, sebagai contoh framework Spring untuk Java, framework Laravel untuk CI, framework React Native untuk Javascript pada aplikasi mobile dan lain sebagainya.

Belajar framework berarti juga belajar membuat environment development seperti menggunakan IDE, building tools dan lain-lain. Belajar framework juga sekaligus belajar semua konfigurasi yang dipakai oleh framework tersebut.

Gunakan Framework Yang Banyak Dipakai

Ada banyak sekali framework dalam dunia pemograman, tidak terhitung jumlahnya, mungkin sampai ratusan. Dari sekian banyak framework ini ada yang banyak dipakai ada yang sedikit dipakai oleh programmer lain.

Sebagai contoh dalam pemrograman PHP ada framework Laravel yang paling banyak dipakai, ada framework CI yang cukup banyak dipakai dan ada framework Symfony yang lebih sedikit dipakai. Contoh lain Spring dan Struts adalah dua framework yang paling sering dipakai dalam dunia pemrograman Java.

Kenapa harus memilih framework yang banyak dipakai ? Ada beberapa keuntungannya.

Pertama, framework tersebut pasti banyak dipakai dalam dunia kerja, sehingga kemungkinan seorang programmer hebat mendapatkan pekerjaan yang bagus juga menjadi besar.

Kedua, framework tersebut biasanya mempunyai komunitas yang banyak, biasanya melalui forum-forum. Dengan dukungan komunitas ini maka mudah bagi seorang programmer untuk bertanya dan berkonsultasi dengan masalah-masalah yang dihadapi nantinya.

Ketiga, framework tersebut biasanya dibahas dalam banyak artikel-artikel atau forum tanya jawab. Dengan begitu akan mudah mencari jawaban terhadap masalah yang nantinya dihadapi oleh seorang programmer melalui searching pada mesin pencarian seperti google.  

Terakhir, framework tersebut biasanya akan mempunyai tim pengembang yang banyak sehingga bug-bug yang mungkin terdapat dalam framework tersebut menjadi cepat diselesaikan.

Spring Framework adalah framework yang banyak digunakan
Spring Framework adalah framework yang banyak digunakan

Ikut Kursus Programming Online

Dunia IT tidak akan pernah lepas dari internet dalam masa sekarang ini dan kalau kita bicara internet maka kita akan bicara sistem online. Belajar pemrograman dalam kelas programming secara offline sekaran sudah tidak efektif.

Selain biayanya akan mahal juga akan memakan waktu dan tempat. Kursus online sekarang banyak sekali dan sering membuat calon programmer menjadi bingung memilihnya.

Seperti juga sebelumnya pada point pertama, seorang calon programmer sebaiknya memilih kursus yang fokus kepada mengasah kemampuan coding dan framework, bukan hanya fokus kepada teori. Ada beberapa kursus programming online yang fokus kepada hal ini, contohnya kursus programming online dari Nextgen. 

Semoga tulisan ini bisa membantu para calon programmer agar sukses dalam karirnya – Ads.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment