9 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kamu Tiru

9 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kamu Tiru – Bagi kalian yang sedang meniti bisnis, tentu kalian sendiri memiliki idola sendiri untuk ditiru. Entah cara berbisnisnya ataupun gaya hidupnya.

Namun kali ini kita akan mengetahui bagaimana kebiasaan orang-orang sukses?

Untuk bisa menjadi sukses bukan cuma perkara meraup uang sebanyak-banyaknya, tapi juga soal mengubah cara hidup. Orang-orang sukses bisa kita lihat sering menerapkan kebiasaan kebiasan yang baik. Kebiasaan tersebut sedikit banyak mengarahkan mereka untuk bisa jadi sukses seperti sekarang.

Apa saja kebiasaan orang sukses tersebut?

Membuat To-Do List

Kebanyakan orang sukses adalah orang yang terencana. Mereka membuat to-do list pada malam hari untuk hal-hal yang harus dikerjakan esok harinya. Pengelolaan waktu dan tugas akan membuat keefiktifan menjadi lebih baik.

Kebiasaan orang sukses ini perlu kamu tiru karena mengelola tugas sesuai dengan prioritas akan mengurangi stres dalam bekerja. Kamu bisa fokus pada hal yang penting-penting dan mendelegasikan tugas yang lebih minor ke orang lain.

Bangun Pagi

Orang sukses terbiasa memulai bekerja lebih awal. Ketika orang-orang lain masih tidur, ia sudah bangun dan mempersiapkan pekerjaannya. Dengan begitu mereka selangkah lebih maju daripada orang lain.

Selain untuk alasan keunggulan diri, bangun pagi juga dapat mengurangi stres. Orang yang terbiasa bangun pagi akan punya waktu menikmati ketenangan pagi hari. Mereka dapat memanfaatkannya untuk berolahraga atau sarapan yang sehat di rumah sebelum berangkat ke kantor. Perjalanan ke kantor juga tidak tergesa-gesa.

Related:   Tidak Mau Menjadi Seorang Pemimpin

Menyibukkan Diri

Kebiasaan orang sukses lainnya adalah menyibukkan diri. Mereka tidak mau membiarkan diri bermalas-malasan. Dengan mendedikasikan diri dan waktu untuk bekerja, mereka mengejar target serta mengisi pundi-pundi uang.

Saking sibuknya, banyak dari mereka mempekerjakan asisten pribadi atau sekretaris untuk mengatur jadwal sehari-hari. Peribahasa bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian adalah ungkapan yang pas untuk orang sukses. Mereka bekerja keras tanpa kenal waktu, lalu menikmati hasilnya di akhir.

Meditasi

Di tengah kesibukan, mereka juga menyempatkan diri untuk mengisi kebutuhan spiritual. Cara yang umum adalah dengan bermeditasi. Selain dapat mengurangi stres, melakukan meditasi juga bermanfaat untuk menjaga pikiran tetap positif.

Karena berbisnis juga perlu menjaga pikiran positif agar tidak mengganggu bisnis yang sedang djalankannya.

5. Berjejaring

Menjalin hubungan dengan orang lain sangatlah penting. Dari hubungan dengan orang lain, kehidupan dan kantong mereka makin diperkaya. Sebab selain menambah wawasan dan pengetahuan, meluaskan jaringan kontak dengan orang lain juga terbukti menunjang kegiatan bisnis. Banyak kesepakatan bisnis bermula dari perkenalan yang sifatnya formal ataupun nonformal.

Berbisnis tidak bisa jika dilakukan sendiri, berbisnis juga perlu jaringan atau teman untuk membantu bisnis kita jalan.

Tahu Kapan Bilang “Tidak”

Orang sukses bukanlah penganut ABS alias asal bapak senang. Istilah asingnya adalah yes man. Orang-orang ABS selalu menuruti kehendak orang lain, bahkan sampai menjilat, agar orang yang menjadi “tuannya” tersebut senang.

Sebaliknya orang sukses tahu kapan mereka harus bilang tidak. Dengan begitu, mereka bisa mencapai keinginan sesuai rencana yang telah mereka buat.

Jadi kalian juga harus membiasakan berani bilang tidak.

Tidak Nonton TV, Namun Banyak Membaca

Orang sukses jelas tidak kekurangan uang untuk membeli televisi. Namun mereka memilih untuk mengalokasikan waktu untuk membaca buku ketimbang menonton TV. Mereka biasanya punya ruang kerja dan perpustakaan pribadi dengan buku-buku bermutu di dalamnya.

Related:   Satu Jam Bersama Prof. Wiranto Arismunandar

Misalnya saja Bill Gates. Sejak kecil ia amat gemar membaca. Buku seri ensiklopedia anak habis ia lahap saat ia anak-anak.

Karena membaca adalah gudangnya ilmu, jadi mulai sekarang rajin-rajinlah membaca.

Membuat Target dan Memvisualisasikan

Orang-orang sukses selalu mempunyai mimpi dan target di atas standar. Tidak hanya memendamnya, mereka menuliskan target, rencana, dan visi untuk memampukan mereka fokus pada sasaran tersebut.

Sebuah target juga sangat penting karena sebagai tujuan bisnis kita melangkah seperti contoh saat ini Teknosia mempunyai target untuk memiliki backlink banyak dan menunjang trafik blog agar lebih banyak dan harus rajin juga melakukan apa yang diinginkan oleh target kita ini.

Mengatur Uang dengan Baik

Terakhir, orang sukses terbiasa mengatur uang dengan baik. Mereka mendahulukan investasi, baru memakai sisanya untuk kebutuhan sehari-hari. Banyak figur orang sukses yang tidak suka bermewah-mewah. Penampilan orang orang terbaik di bidang teknologi dunia seperti Gates, Mark Zuckerberg, dan Steve Jobs begitu sederhana, kan?

Dari daftar kebiasaan orang sukses di atas terlihat kan kalau mereka tidak melakukan ritual yang aneh-aneh. Kebiasaan yang mereka lakukan amat mudah dan bisa saja kamu lakukan dari sekarang. Tidak perlu modal tambahan untuk melakukannya.\

Demikian apa yang bisa saya sampaikan tentang kebiasaan orang-orang sukses ini. Semoga bermanfaat.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment