Apa Itu Risk Appetite?

Apa Itu Risk Appetite? – Ramadan #17 – Ini series kedua mengenai apa itu risk appetite. Tentu untuk memahaminya perlu tahu dahulu apa itu risiko, bagaimana konsep besar risiko, dan bagaimana sifat dasar risiko.

Series ini bagian dari series Ramadan yang sedan giat saya tulis. Semoga banyak baiknya diterima. Silahkan sitasi apabila membutuhkan. Saya sertakan sumbernya di akhir series tulisan.

Apa Itu Risk Appetite?

Setiap orang di lingkup manajemen risiko sering membicarakan tentang risk appetite. Hal itu merupakan bagian penting dari risiko sebuah organisasi. Lebih dari 50% organisasi di dunia tidak tepat memformulasikan risk appetite. Padahal dengan alat yang tepat, hal ini bukanlah hal yang sulit.

Definisi Risk Appetite

Risk appetite adalah besarnya risiko sebuah organisasi yang dapat diterima untuk memenuhi objektif strategis mereka. Kita tidak bisa mengurangi setiap risiko, ada beberapa risiko yang perlu kita ambil.

Contoh Kejadian Risk Appetite

Contohnya, mana yang akan kita ambil, pilihan A dengan 100% kepastian menang 100 juta rupiah atau pilihan B dengan 50% kemungkinan menang 200 juta rupiah dan 50% kemungkinan tidak menang apapun.

Contoh lainnya, mana yang akan kita ambil, pilihan C dengan 100% kemungkinan kalah 100 juta rupiah atau pilihan D dengan 50% kemungkinan kalah 200 juta rupiah dan 50% kemungkinan tidak kalah apapun.

Umumnya kita akan memilih kemungkinan untuk bisa kita menangkan dan memilih bertaruh untuk ketika kita kalah.

Menggambarkan Risk Appetite dengan Matriks Risiko

Di dalam manajemen risiko, risk appetite digambarkan dengan matriks risiko. Ini berarti seorang pengambil keputusan yang menghindari risiko akan memprioritaskan pada risiko yang kemungkinannya kecil dan memberi dampak yang besar.

Related:   5 Cara Menjadi Programmer Hebat!

Akibatnya, matriks risiko akan diwarnai dengan kotak merah untuk yang memiliki kemungkinan kecil dan dampak yang besar. Sebaliknya untuk pengambil keputusan yang bertipe pengambil risiko akan melakukan sebaliknya.

Lewat beberapa kuesioner pertanyaan, sebuah organisasi dapat mengklasifikasikan pengambil keputusannya sebagai penghindar atau pengambil risiko. Tidak ada yang benar atau salah disini.

Ini adalah tugas organisasi untuk menerjemahkannya di matriks risiko. Sehingga segala kemungkinan risiko akan dapat didefinisikan dengan baik.

Apa Itu Risk Appetite?

Referensi

  1. RISKID (2021, April 23). Risk Appetite [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=472icB72cEU
Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment