Cara Lapor SPT Tahunan Melalui Aplikasi DJP Online

Cari Tahu Cara Lapor SPT Tahunan Melalui Aplikasi DJP Online – DJP online pajak merupakan salah satu keuntungan yang didapatkan oleh wajib pajak dari pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Hadirnya layanan ini dimaksudkan untuk menghapus pemikiran masyarakat yang menganggap bahwa urusan pajak merupakan hal yang merepotkan dan membuang waktu.

Keunggulan Menggunakan DJP Online

Namun, biar bagaimana pun juga sebagai warga negara yang bijak, kita harus tetap taat dan tepat waktu dalam membayar pajak. Dengan adanya DJP online, kita bisa menyelesaikan semua urusan perpajakan secara lebih sederhana dan singkat dari mana saja.

Layanan secara online tersebut disediakan oleh DJP (Direktorat Jenderal Pajak) yang merupakan pemegang otoritas pajak di negara Indonesia.  Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyempurnakan sistem administrasi perpajakan sekaligus untuk memudahkan wajib pajak dalam menjalankan kewajibannya.

Terdapat beberapa fitur yang ditawarkan oleh DJP online, salah satunya adalah e-Filling yang berguna untuk pelaporan SPT tahunan atau pemberitahuan pajak.

Langkah Mudah Melakukan Pelaporan SPT Secara Online

Terdapat empat prosedur yang harus dilakukan untuk melaporkan SPT Tahunan secara online melalui DJP online pajak. Namun, masih banyak wajib pajak yang bingung dengan prosedur-prosedur tersebut. Bagi yang belum mengetahuinya, Anda bisa mengecek cara-cara lapor SPT online berikut ini:

  1. Pertama, isilah formulir SPT elektronik pada e-Filling yang disediakan oleh DJP. Kemudian klik “Buat SPT”, maka akan muncul sejumlah pertanyaan mengenai identitas diri. Pastikan semua pertanyaan pada pengisian e-SPT diisi sesuai dengan kondisi keuangan Anda yang sesungguhnya. Kemudian lanjutkan pengisian sesuai dengan panduan atau langkah yang tampil di layar Anda.
  2. Selanjutnya klik “Ambil Kode Verifikasi” untuk mendapatkan kode verifikasi via email atau nomor telepon yang masih aktif.
  3. Untuk mengirimkan SPT secara online, silakan klik “Kirim SPT”. Jangan lupa untuk memasukkan kode verifikasi yang sudah Anda terima.
  4. Saat SPT sudah berhasil dikirim, maka secara otomatis Anda akan kembali ke menu awal “Daftar SPT”. Namun, jangan lupa memastikan bahwa jenis SPT, masa pajak, status, serta jumlahnya sudah benar dan sesuai.  
  5. Kemudian Anda akan langsung mendapatkan notifikasi email mengenai status SPT dan bukti penerimaan elektronik.  Simpan dengan baik bukti tersebut untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Sebagai warga negara yang baik, maka kita harus selalu membayar pajak di DJP online pajak pada batas waktu yang ditentukan. Jika kita memiliki sebuah usaha, kita juga tidak boleh telat dalam membayarkan pajak untuk usaha tersebut. Oleh karena itu, setiap usaha wajib melakukan pembukuan.

Namun, di zaman sekarang ini pembukuan di buku secara manual adalah hal yang membuang cukup banyak waktu. Untungnya sekarang telah hadir BukuKas, aplikasi pembukuan digital yang lengkap dengan berbagai fitur yang canggih.

Jadi dalam satu aplikasi ini sudah tersedia fitur keuangan seperti, pembukuan, jurnal, catatan pengeluaran dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan dalam satu aplikasi tersebut Anda dapat melakukan semua tugas pembukuan dengan mudah dan cepat. Tidak usah tunggu lama-lama lagi, yuk unduh BukuKas di smartphone sekarang juga!

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment