Cara Membuat Kartu Nama Bolak Balik di Word

Cara Membuat Kartu Nama Bolak Balik di Word yang Paling Mudah dan Cepat – Untuk membuat kartu nama yang bagus tidak perlu pintar Photoshop dan Corel. Karena lewat Microsoft Word juga bisa dilakukan. Bagi yang tidak mengetahui berikut akan dijelaskan cara yang paling cepat dan sangat mudah dilakukan.

Jika menggunakan cara ini pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ke tiga yang lain. Sebab fitur yang tersedia di Word sudah lengkap dan tinggal digunakan saja. Ini dia yang saya maksud mengenai hal tersebut:

Cara Membuat Kartu Bolak Balik di Word

Buka Program Microsoft Word

Cara yang pertama adalah membuka program Microsoft Word. Karena di aplikasi ini proses pembuatan kartu nama akan dilakukan. Sekadar saran jika ingin cara termudah silakan gunakan word 2010.

Selain tampilan aplikasi lebih elegan dan penuh warna peletakan fitur juga lebih simpel dibandingkan Word versi yang lain. Selain itu hasil desain juga jauh lebih maksimal karena pilihan kualitas warna dan kertas serta template lebih lengkap.

Untuk cara membuka program Word silakan klik Program di kanan bawah desktop lalu pilih Microsoft Office. Scroll mouse lalu klik Microsoft Word 2010. Tunggu saja beberapa saat lagi aplikasi akan terbuka.

Klik File atau Berkas

Cara membuat kartu nama bolak balik di word yang berikutnya adalah klik File. Jika aplikasi sudah menggunakan bahasa Indonesia klik saja fitur Berkas. Letak fitur di pojok kanan atas di deretan Tool Bar.

Jika fitur ini di-klik akan muncul banyak pilihan fitur lain yang bisa dipilih. Semua mendukung aktifitas desain kartu nama. Oleh sebab itu teliti terlebih dahulu sebelum menuju ke langkah berikutnya.

Klik Fitur Baru

Langkah yang ketiga adalah sorot mouse cari fitur New atau Baru. Posisinya nomor 6 dari bawah yang akan terbuka jika fitur Berkas sudah di-klik (poin 2). Jika fitur Baru sudah muncul dan dipilih berarti pengguna tinggal melakukan desain.

Di dalam fitur Baru terdapat banyak pilihan tema desain. Di antaranya adalah Bisnis, Avery, Hewan, Kartu, Pemasaran, Pendidikan, Pengumuman, Natal, Musim Gugur, Kertas dan selainnya.

Klik Ikon Kartu

Karena yang ingin di-desain adalah kartu nama maka pilih Kartu atau klik saja Ikon Kartu. Nanti akan muncul jendela baru yang berisi pilihan kartu apa yang ingin dibuat. Sesuaikan dengan tujuan pembuatan sebelum memilih kategorinya.

Jika sudah tiba di tahap ini berarti selangkah lagi pengguna sudah bisa melakukan editing di kartu dengan nama yang diinginkan. Termasuk editing nama, nomor telepon, alamat, pekerjaan dan selainnya.

Klik Kartu Nama Bisnis

Selanjutnya adalah silakan klik Kartu Nama Bisnis. Karena tujuan awal memang untuk membuat kartu dengan nama. Jika fitur ini di-tap maka otomatis akan muncul banyak pilihan template kartu dengan nama yang indah-indah.

Silakan dipilih yang menurut pengguna menarik. Baik dari segi tampilan maupun corak dan motif warnanya. Semua template tersebut bisa digunakan secara free atau tidak perlu membayar.

Jika merasa kurang puas tinggal mencari di internet dengan cara unduh terlebih dahulu. Silakan klik Unduh atau Download yang ada di samping kanan bawah. Setelah itu mulai mencari template yang diinginkan secara online.

Mulai Melakukan Editing Kartu Nama

Langkah yang ke-enam adalah mulai melakukan editing kartu nama. Silakan input identitas yang ingin dimasukkan ke dalam kartu dengan nama atau yang ingin dijadikan perubahan.

Pastikan tidak ada huruf yang salah ketik. Karena dikhawatirkan editing harus mengulang dari awal. Apalagi jika hasil editing masih belum disimpan. Makanya perlu ketelitian ketika melakukan editing.

Yang paling penting adalah editing nomor handphone. Karena ini unsur yang paling sakral dari kartu nama. Nanti orang akan kesulitan untuk menghubungi jika nomor hp yang diunggah justru salah.

Simpan Hasil Editing

Jika editing sudah selesai silakan simpan di perangkat komputer. Caranya dengan klik Berkas lalu pilih fitur Save As. Silakan dipilih tempat penyimpanan yang diinginkan. Setelah itu klik Save.

Selesai, sekarang tinggal melakukan print atau cetak kartu nama dalam bentuk bolak balik. Ini tetap dilakukan di dalam aplikasi Microsoft Word jadi pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi yang lain.

Cara Print Kartu Nama Bolak Balik Via Word

Cara cetak atau cara print kartu nama bolak balik di Word sangat mudah. Yang penting ada file yang sudah siap untuk dicetak. Sesungguhnya ada printer yang otomatis bisa print ganda namanya adalah duplex. Jika fitur belum tersedia di printer pakai saja cara manual berikut:

  1. Silakan Klik fitur Berkas
  2. Pilih fitur Print
  3. Tap menu Print On Both Side
  4. Silakan tap Yes Flip Over
  5. Scroll mouse lalu klik Manual Duplex
  6. Klik Save
  7. Masuk ke dokumen Word
  8. Klik Print lalu ikuti perintah memasuki kertas
  9. Klik Oke
  10. Jika sudah tiba di pertengahan biasanya ada notifikasi untuk mengubah letak kertas, Silakan lakukan
  11. Klik Oke
  12. Done

Cara membuat kartu nama bolak balik di Word tidak sulit. Namun dibutuhkan ketelitian agar tidak ada urutan tutorial yang terlewat. Nah dengan adanya penjelasan di atas tentu proses desain dan print kartu dengan nama menjadi lebih mudah bukan!

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment