Cara Mengetahui Lokasi Teman Lewat Messenger

Cara Mengetahui Lokasi Teman Lewat Messenger – Tidak hanya WA saja yang bisa membagikan lokasi kepada orang lain, Facebook Messenger juga memberikan fitur yang memungkinkan kita untuk mengetahui dimana lokasi teman kita berada. Cara mengetahui lokasi teman lewat Messenger secara khusus akan dibahas di artikel ini.

Saat ini Messenger sudah digunakan oleh miliaran orang di dunia karena memang merupakan salah satu fitur berbagi pesan milik Facebook yang notabene adalah media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Agar bisa mengetahui lokasi teman Anda, silakan simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengetahui Lokasi Teman Lewat Messenger

Salah satu fitur yang kini sudah ditambahkan ke Facebook Messenger adalah fitur berbagi lokasi yang bisa digunakan siapa saja untuk melacak seseorang. Sehingga saat ingin bertemu di satu titik, menjadi lebih mudah untuk menemukannya.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk saling membagikan lokasi di Messenger. Beberapa cara tersebut antara lain:

Fitur Berbagi Lokasi (Share Location)

Mungkin sebelumnya Anda pernah mendengar istilah ini saat menggunakan aplikasi Whatsapp, kini fitur tersebut juga bisa Anda temukan saat menggunakan Messenger. Untuk melakukannya, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka Messenger yang ada di smartphone Anda.
  • Kemudian, klik titik empat di sudut kiri bawah layar.
  • Lalu pilih Lokasi.
  • Pilih Share Live Location. Dengan share live location, teman Anda dapat menemukan titik lokasi dengan mudah meskipun sedikit berpindah.
  • Jika dirasa cukup dan teman Anda sudah menemukan lokasi tersebut, Anda bisa menghentikan sharing lokasi tersebut dengan menekan Stop Live Location.

Hal yang sama juga bisa dilakukan oleh teman Anda ketika Anda yang ingin mencarinya. Silakan ikuti petunjuk di atas untuk melakukannya.

Menggunakan Fungsi Tag dan Tagar

Ada 2 fitur yang juga dimiliki oleh Facebook Messenger untuk menemukan lokasi tertentu dari teman Anda. Kedua fitur itu adalah tag lokasi (penanda lokasi) dan juga tagar (tanda pagar). Jika Anda sedang melihat Facebook Story dari teman Anda, terkadang mereka akan membagikan lokasi.

Anda bisa mengetuk tag lokasi yang dibagikan oleh teman Anda tersebut dan secara otomatis Facebook akan mengarahkan Anda ke Google Maps. Di sini Anda dapat melihat lokasi yang sudah dibagikan tersebut.

Cara yang sama juga bisa Anda lakukan saat melihat tag lokasi melalui postingan di feed Facebook. Silakan ketuk tag lokasi tersebut dan Anda akan diarahkan ke Google Maps untuk melihatnya. Sangat mudah bukan?

Perlu diingat, cara ini efektif untuk teman yang memang mengaktifkan fitur tag lokasi ini di pengaturan. Jika teman Anda tidak mengaktifkan fitur ini, tentu saja Anda tidak akan bisa melihat tag lokasi tersebut dan menemukannya.

Menggunakan Cara Menyadap Messenger IPLogger

Cara ini mengharuskan Anda menggunakan situs atau aplikasi pihak ketiga. Salah satu yang sering digunakan adalah IPLogger. Di sini Anda harus membuat link untuk melakukan tracking ke teman yang ingin Anda ketahui lokasinya.

Walaupun disebut menyadap, tetapi sebenarnya ini bukan benar benar cara menyadap Messenger. Karena Messenger dan Facebook bukanlah media sosial yang bisa untuk disadap oleh orang awam. Tingkat keamanan Messenger dan Facebook ini sangat tinggi.

Seperti dikutip dari kangsandi bahwa cara menyadap Messenger hanya bisa dilakukan oleh hacker tingkat atas. Bahkan bukan tidak mungkin, justru pihak Messenger lah yang menyadap kita, mengetahui lokasi kita apabila kita berbuat tidak baik pada media sosial ini.

Namun yang disebut menyadap di sini adalah dengan membagikan IP kepada teman supaya bisa saling melacak. Berikut ini langkah langkah cara menyadap messenger dengan IPLogger.

  • Siapkan sebuah link apa saja, bisa link Youtube, Google, atau apapun yang nantinya digunakan untuk membuat link baru.
  • Copy link tersebut dan secara otomatis akan tersimpan di clipboard.
  • Setelah itu, kunjungi situs IPLogger di grabify.link.
  • Jika halaman Grabify IPLogger sudah terbuka, silakan paste link yang sudah Anda copy sebelumnya di kolom yang sudah disediakan.
  • Selanjutnya, klik Create URL.
  • Tidak lama kemudian akan muncul beberapa link baru yang berhasil dibuat.
  • Silakan pilih salah satu link tersebut, lalu copy dan secara otomatis link tersebut akan tersimpan di clipboard.
  • Setelah itu, buka aplikasi Messenger Anda.
  • Paste link tadi dan kirim ke salah satu teman Anda yang ingin Anda ketahui lokasinya. Tunggulah sampai Anda rasa orang Anda kirim sudah meng-klik link tersebut.
  • Setelah itu, silakan kembali ke situs Grabify dan paste link yang Anda bagikan tadi, lalu klik Tracking Code. Nantinya, alamat IP dari teman yang kita target akan muncul di situ. Silakan copy alamat IP tersebut.
  • Buka tab baru di browser yang Anda gunakan dan paste alamat IP yang sudah dicopy barusan. Setelah itu, klik search. Alhasil, semua data terkait lokasi dari teman yang Anda target akan muncul di situ.
  • Untuk pencarian yang lebih akurat, Anda bisa copy titik koordinat dari data lokasi tersebut untuk nantinya di-paste-kan ke Google Maps.
  • Selanjutnya buka aplikasi Google Maps dan silakan cari lokasi dengan menggunakan data yang sudah Anda dapat melalui proses tracking di atas.
  • Selesai. Sekarang Anda sudah bisa menemukan lokasi teman Anda berada dengan akurat.

Pada intinya, cara ini akan mengumpulkan data lokasi dari siapapun yang meng-klik tautan yang telah Anda buat tadi. Untuk mengetahui siapa yang telah mengunjungi link tersebut, Anda hanya perlu copy link tersebut dan paste di browser, maka informasi di dalamnya akan cukup lengkap.

Mengaktifkan Fitur Nearby Friends

Cara mengetahui lokasi teman lewat Messenger juga bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur Nearby Friends atau Teman terdekat. Baik Anda maupun teman Anda harus mengaktifkan fitur ini agar satu sama lain saling melacak. Silakan atur siapa saja yang bisa melihat lokasi Anda.

Nantinya, Anda akan ditampilkan daftar teman terdekat dari lokasi Anda saat ini. Di sampingnya akan ada ikon Messenger dan Anda bisa memulai percakapan dengan teman Anda tersebut.

Hadirnya fitur-fitur berbagi lokasi tersebut tentu saja akan mempermudah Anda untuk bertemu dengan teman Anda saat sedang janjian. Cara mengetahui lokasi teman lewat Messenger di atas bisa Anda terapkan kapan saja jika Anda atau teman Anda sedang tidak menggunakan aplikasi lain seperti Whatsapp atau Telegram.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment