Cloud ERP Manajemen Inventory Terbaik dengan SystemEver

Cloud ERP Manajemen Inventory Terbaik dengan SystemEver – Punya usaha di bidang jasa yang sedang berkembang? Merasa ribet untuk mengurus manajemen inventory yang semakin kompleks? Sumber daya belum seberapa, volume transaksi masih sedikit, namun input menggunakan spreadsheet juga semakin kewalahan? Mencoba menggunakan software yang ada namun tidak praktis juga mahal? Mungkin saja beberapa catatan dii bawah ini akan membantumu.

Bisnis Usaha Kecil dan Menengah (Small and Medium-sized Enterprises SME)

Bisnis UKM makin menjamur di mencapai 64 juta sampai tahun 2020 ini menurut data dari Badan Pusat Statistik. Hal itu sama dengan 99.9% keseluruhan bisnis di Indonesia. Sebagian dari bisnis dengan skala UKM tersebut adalah usaha informal dan jarang tercatat oleh banyak lembaga statistik dunia. Kontribusi UKM sangatlah besar sehingga mampu menjadikan Indonesia survive dalam banyak episode resesi. Mungkin saja usaha bisnis anda yang membaca ini adalah salah satunya.

Permasalahan dalam Bisnis UKM

Baik perusahaan besar ataupun yang berskalan UKM, pengelolaan inventory merupakan hal yang krusial agar bisni yang dijalankan dapat berkelanjutan, menghasilkan profit, dan tentu menjadi efisien. Dengan bantuan senjata yang tepat semua permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Namun bisa menjadi bom waktu apabila masalah yang ada tidak bisa tertangani dengan baik.

Masalah yang seringkali hadir yaitu habisnya produk dari persediaan yang mengakibatkan potensi penjualan menjadi hilang. Setelah itu pelanggan yang terlanjur berekspektasi membeli menjadi kurang bahagia. Selain itu produk yang tidak segera terjual atau menjadi stok mati malah menambah biaya berlebih.

Memahami masalah dalam bisnis UKM yang ada akan membuat kita bisa dengan bijak mengatur dan mengkontrol bisnis kita. Mari kita uraikan di bawah.

  1. Stok habis
  2. Stok yang tersisa jadi stok mati
  3. Stok yang tersisa rusak dan busuk
  4. Penimbunan stok berlebih’
  5. Penentuan harga yang kurang tepat
  6. Overorder dan oversell
  7. Minimnya modal
  8. Kurangnya inovasi
  9. Dokumentasi laporan yang kurang lengkap dan baik
  10. Dokumentasi yang masih manual dan lambat
  11. Tidak relevan dengan teknologi
  12. Proyeksi permintaan yang kurang tepat
  13. Alat mengatur rantai pasok yang kurang baik
  14. Sumber daya manusia yang kurang mampu mengatur

Permasalahan di Perusahaan Jasa

Diantara banyaknya model bisnis yang ada, diantaranya adalah yang bergerak di bidang jasa. Perusahaan jasa khususnya di perusahaan distribusi juga baik yang berskala besar, menengah, atau kecil juga memiliki banyak sekali permasalahan serupa dengan bisnis UKM. Namun di bisnis jasa ini juga memiliki banyak permasalahan yang unik. Mari kita uraikan beberapanya.

  1. Produk dari perusahaan jasa tidak bisa disimpan.
  2. Produk dari perusahaan jasa sulit untuk mendapat hak paten
  3. Terkadang harga sulit untuk ditetapkan
  4. Sulit untuk melakukan produksi dengan tempat yang terpusat
  5. Sulit mengendalikan kualitas dan standar dari jasa yang ditawarkan

Namun segala masalah yang ada diatas dapat dikendalikan dengan berbagai cara yang secara singkat kita uraikan di bawah:

  1. Menggunakan software yang dapat melakukan penghitungan akutansi dengan baik. Sehingga diperoleh harga yang tepat
  2. Manajemen pengolaan lokasi jasa
  3. Manajemen pengolaan konsumen
  4. Melukan industrialisasi dengan teknologi. Sehingga scalability bisnis dan standarisasi dapat dilakukan dengan mudah
  5. Melakukan otomatisasi dalam manajemen permintaan
  6. Sistem pembelian yang sangat efektif
  7. Sistem penjualan konsinyasi yang efisien
  8. Melakukan otomatisasi terhadap manajemen penawaran (penyelerasan kapasitas dan permintaan)

Pengelolaan Stok dan Penjualan

Dari berbagai hal yang sudah tersebutkan diatas ternyata Sistem Penjualan dan Distribusi merupakan suatu masalah yang pelik. Terbatasnya kapasitas dan membludaknya permintaan harus diatasi dengan efektif, cepat, dan tepat. Proses otomatisasi dalam pengelolaannya sudah bukan menjadi hal yang tabu.

Salah satu model dalam pengelolaan stok dan penjualan di perusahaan jasa adalah model JIT (Just In Time). Tipe jasa yang akan di kirim harus tepat waktu. Maka manajemen dalam pengerjaan dan penyerahan hasilnya haruslah efektif dan baik.

Produk jasa yang akan di kirim ke pelanggan harus tepat sebanyak apa yang dibutuhkan di waktu yang ada. Hal ini agar biaya dalam operasional dapat ditekan. Sehingga apabila ada kerusakan yang bisa mengakibatkan kerugian dikarenakan penimbunan barang berlebih, bisa dihindari.

Pencatatan stok dari produk yang akan dikirim ke pelanggan mutlak dilakukan. Dengan semakin luas lingkup pekerjaan, maka dibutuhkan senjata yang lengkap dan efektif. Salah satunya adalah software yang akan dapat mencatat stok produk yang ada secara realtime. Selain itu pemahaman akan sistem manajemen inventory juga semakin diperlukan.

Pemahaman Akan Sistem Manajemen Invetory

Untuk paham kita perlu tahu dahulu apa itu Sistem Manajemen Inventory?

Apa itu Sistem Manajemen Inventory?

Maanajemen inventory sendiri adalah sebuah proses yang cukup kompleks dalam pengelolaan persediaan. Dari perusahaan besar maupun kecil ide-ide dasar dalam pengelolaannya akan sama saja. Namun akan sulit terkendalikan apabila kita tidak memahami bab persediaan ini.

Bagaimana Ide Pengelolaan Inventory Perusahaan?

Untuk perusahaan berskala kecil atau menengah biasa stok atau barang akan di tempatkan di tempat penyimpanan setelah diteima. Di perusahaan yang lebih besar dan kompleks barang atau stok yang hadir akan dimasukkan dalam mekanisme pergugdangan.

Terkadang barang yang ada masih dalam bentuk bahan mentah atau baku. Kemudian barang mentah yang ada akan di produksi di tempat lain sampai barang menjadi barang jadi. Lalu sebelum dikirim ke pelanggan akan disimpan kembali ke tempat penyimpanan.

Ide Pengelolaan Sistem Manajemen Inventory
Ide Pengelolaan di dalam Manajemen Inventory

Sistem manajemen inventory berarti manajemen inventory yang berada dalam satu sistem. Sistem yang ada berupa proses dari berbagai perangkat baik hardware maupun software juga prosedur algoritma. Di dekade ini sistem ini menjadi bagian yang tidak terlepas dari software sistem ERP yang kehadirannya sudah didukung dengan cloud system.

Manfaat yang Akan di dapat dengan Sistem Manajemen Inventory

Berbagai manfaat yang hadir dalam sistem manajemen inventory antara lain,

  1. Hemat biaya
  2. Meningkatkan produktivitas
  3. Kontrol otomatis terhadap persediaan
  4. Efisiensi yang efektif
  5. Pencatatan yang efektif dan terpusat
  6. Real time dan sangat akurat
  7. Kepuasan pelanggan meningkat

Memilih Sistem Manajemen Inventory Terbaik

Dalam memilih sistem manajemen inventory, kita perlu tahu teknologi dan fitur apa yang seharusnya sudah ada di dalamnya. Berikut daftar fitur utama yang harusnya ada di sebuah sistem manajemen inventory,

  1. Laporan inventory dengan visual yang baik, akurat, dan lengkap
  2. Konrol otomatis stok persediaan barang dan jasa
  3. Kontrol supplier yang lengkap
  4. Kontrol pelacakan barang dan jasa yang dikirim ke pelanggan
  5. Kontrol sistem pembelian stok untuk pemesanan ulang
  6. Scan barcode barang dan jasa

Solusi Menggunakan Sistem ERP Terbaik Untuk Bisnis Anda

Dengan semakin komplek dan ribetnya pengelolaan persediaan stok barang dan jasa. Perlu senjata yang bisa meringankan, salah satunya dengan sistem integrasi dan otomatis dalam prosesnya. Jadi kesalahan manusia bisa ditekan jauh. Serta kecepatan dalam pengelolaan didapat.

Sistem ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem untuk melakukan kontrol terhadap segala sumber daya yang dimiliki perusahaan sehingga proses yang ada terintegrasi menjadi efisien dan memberikan keuntungan, baik secara ekonomi dan nilai. Sistem ERP biasanya adalah integrasi dari berbagai modul dan program yang dirancang untuk melakukan kontrol terhadap proses yang ada. Kuntungan yang ada pastinya menyenangkan pihak stakeholder yang ada.

Kunci dari sistem ERP terdiri dari tiga kata yang membentuknya yaitu Enterprise atau perusahaan, Resource atau sumber daya, dan Planning atau perencaanan. Perencanaan sumber daya di dalam perusahaan menjadi fokus yang dilakukan Sistem ERP untuk jasa.

Mendapat Manfaat Super dengan Sistem ERP Cloud Terbaik

Berbagai keuntungan super akan di dapat perusahaan apabila menggunakan sistem ERP berbasis cloud. Dengan sistem ERP sendiri maka database penyimpanan data dari berbagai departemen akan terintegrasikan. Sering kita melihat bahwa departement keuangan, pemasaran, dan human capital memiliki database sendiri. Pada suatu waktu perbedaan data dari setiap database memiliki perbedaan. Hal ini akan menjadi bom waktu dan mengurangi potensi keuntungan yang diharapkan perusahaan.

Dengan sistem cloud, database yang ada tidak memerlukan server fisik yang memiliki n banyak kerugian. Salah satu kerugian yang hadir adalah biaya maintenance yang besar. Selain itu apabila ada bencana baik alam maupun manusia maka akan menjadi masalah di belakang. Dengan sistem cloud, data disimpan di awan yang terdri dari berbagai server dan mendapat jaminan uptime 99.99%. Hilang sudah satu keribetan yang ada.

Berikut berbagai keununtungan lain apabila menggunakan Sistem ERP berbasis Cloud,

  1. Manajemen sistem informasi dan perencanaan yang lebih baik
  2. Prosedur serta produk yang ada menjadi terstandarikan
  3. Produktivitas dan efiisensi naik tajam
  4. Tidak takut akan kerusakan server database
  5. Menekan biaya modal server
  6. Tiap departemen terkoneksi sehingga terawasi top manajer dengan maksimal
  7. Fleksibilitas dalam mengelola pasar dan pembeli

Sistem Software Cloud ERP Terbaik di Dunia Hadir di Indonesia

Salah satu rekomendasi untuk software ERP untuk perusahaan distribusi terbaik di Indonesia adalah SystemEver. Software ini sudah memenuhi berbagai prasyarat yang disebutkan diatas dan memiliki banyak fitur unggulan yang tidak dipunyai oleh kompetitor. Software yang ada mampu dan berpengalaman meningkatkan kinerja perusahaan.

SystemEver sangat mudah dikelola, waktu dan tempat tidak menjadi halangan, sehingga setiap bagian tim atau owner dapat mengelola dengan fleksibel. Apalagi dengan sistem digital dan cloud, efektifitas dan produktivitas dapat diraih karena SystemEver dapat dikendalikan dalam genggaman.

SystemEver merupakan Sistem Cloud ERP yang berbentuk software dimana dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan pelanggan atau perusahaan. SystemEver merupakan perpaduan yang sangat cocok untuk banyak perusahaan antara lain di bidang: jasa, supply chain, keuangan, logistik, manufaktur, dan lainnya.

Berbagai Alasan Harus Menggunakan SystemEver

Mengenal Sistem Cloud ERP SystemEver (What is Cloud ERP)

Harga Miring

Harga yang ditawarkan oleh SystemEver sangalah miring dan dapat dijangkau oileh pengguna. Hal ini dikarenakan SystemEver menyediakan kebutuhan yang sesuai dan tepat dengan taget penjualan mereka. Sehingga pelanggan dapat termudahkan dalam perencenaan keuangan serta anggaran yang lebih efektif serta efisien.

Sangat Berpengalaman

Salah satu isu yang harus ditinjau apabila kita akan menggunakan sistem ERP adalah kualitas sistem ERP yang kita gunakan. SystemEver dikembangkan oleh perusahaan bonafid asal Korea Selatan bernamam YoungLimWon(永林園) Soft Lab. Perusahaan ini sudah menangani lebih dari 1600 dari berbagai negara antara llain Korea, Indonesia, Vietnam, dan China.

Sejak tahun 1997 SystemEver sudah menjadi kepercayaan serta memiliki komitmen besar untuk meningkatkan secara super potensi bisnis setiap pelanggan. Jadi tidak perlu lagi untuk mempertanyakan kualitas dari sistem ERP yang dikembangkan oleh SystemEver. Baik perusahaan berskala besar maupun kecil akan bertambah produktif mengguanakan software ini.

Visual-K: Fitur Unggulan SystemEver

Tampalian terintegrasi dalam satu dasbor bernama Visual-K merupakan fitur unggulan yang ditawarkan oleh SytemEver. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk menggunakan software ERP yang ada. Antarmuka dengan UI-UX yang mudah dipahami. Tampilan sederhana tanpa menu pull down akan membuat pelanggan semakin nyaman dan cepat mengerjakan pekerjannya.

Visual K SystemEver Manajemen Inventory
Visual-K SystemEver Manajemen Inventory

Akses yang Sangat Fleksibel

Menggunakan sebuah sofware yang memiliki Akses Flexible bisa digunakan kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan berbagai perangkat seperti laptop, desktop, tablet maupun ponsel. Asalkan terkoneksi internet, pekerjaan secara mobile bisa dilakukan dengan baik. Pemilik perusahaan dapat memantau berbagai aktivitas bisnis, transaksi, dan rekapan data dari rumah atau lokasi dimanapun. Dengan demikian Systemever menjadikan waktu Anda lebih efisien dan efektif.

Fitur Unggulan Consultant-K

SystemEver hadri dengan fitur unggulan lain yaitu Consultant-K. Dengan Consultant-K pengguna tidak perlu bingung untuk melakukan konfigurasi yang memakan waktu lama. Selain itu biaya juga bisa ditekan karena waktu konfigurasi yang semakin cepat. Pengalaman dan komitmen SystemEver menjadi bukti untuk membawa bisnis pelanggan melesat menghasilkan profit maksimal.

Consultant K SystemEver Manajemen Inventory
Consultant-K SystemEver Manajemen Inventory

Hadir dan Terdukung Dalam 6 Bahasa

Sampai saat tulisan ini dibuat SystemEver hadir dengan dukungan di 6 bahasa utama pelanggan yaitu Inggris, Korea, Mandarin, Jepang, Mandarin, Vietnam, dan tentu Indonesia. SystemEver siap meluncur untuk melayani seluruh pelanggan di tingkat dunia.

Mengapa Perusahaan Jasa Cocok Menggunakan SystemEver

Perusahaan jasa sangatlah cocok menggunakan SystemEver sebagai solusi cloud ERP Indonesia karena berbagai alasan yang sudah tersebutkan diatas. Diantaranya yaitu,

  1. Otomatisasi database pengelolaan
  2. Real time dan mudahnya mengatur scalability
  3. Fleksibilitas dalam penggunaan
  4. Pengloaan sumber daya yang lebih baik apalagi yang dijual adalah jasa bukan barang
  5. Harga miring dan cocok dengan pasar
  6. Akurat dalam proses
  7. Jasa yang dijual dapat terstandarkan
  8. Kepuasan pelanggan terhadap jasa akan meningkat

Kesimpulan Manajemen Inventory untuk Perusahaan Jasa

Berdasarkan semua penjelasan tentang manajemen inventory untuk perusahaan jasa diatas semoga bisa menjadi alternatif yang baik sebagai solusi bisnis teman-teman.

Namun, teman-teman tetap harus ingat bahwa setiap fitur yang saya sampaikan memiliki keunggulan dan kekurangan bergantung dengan kondisi bisnis teman-teman.

Saya sendiri melihat dan mencoba memahami bahwa SystemEver memiliki sangat banyak keuntungan dan cocok dengan kondisi iklim bisnis di Indonesia.

Apabila teman-teman ada pertanyaan silahkan kirim pertanyaan ke SystemEver atau yuk ikut berdiskusi disini~

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

5 thoughts on “Cloud ERP Manajemen Inventory Terbaik dengan SystemEver”

  1. Great Article. You have beautifully articulated it. Readers revisit only if they found something useful. So the core formula is to provide value to the readers. Also, Title is very important.

    Thanks & Regards

    Reply

Leave a Comment