Daftar Kelompok Inisiatif Kebencanaan di Indonesia

Daftar Kelompok Inisiatif Kebencanaan di Indonesia – Begitu banyak inisiatif kebencanaan di Indonesia. Hal ini menjadi penting karena keberadaan mereka membantu penyebaran pengetahuan dan informasi. Namun sayang kerja mereka di kenal oleh masyarakat.

Usaha Mengumpulkan Inisiatif Kebencanaan di Indonesia

Daftar ini sebenarnya salah kerja penelitian bersama saya untuk sebuah paper bersama CEST ITB. Namun bagian dengan bahasa Indonesia dan singkatnya saya tulis di sini. Semoga bisa terus saya update. Jangan lupa berikan sitasi yang baik ya apabila mengambil hal dari sini. Thanks guys!

Kriteria Inisiatif Kebencanaan di Indonesia

Setidaknya hanya ada beberapa inisiatif yang bisa saya tulis dini. Mungkin akan muncul pertanyaan, apa kriteria menjadi inisiatif kebencanaan itu seperti apa?

Untuk awalnya adalah inisiatif apapun yang minimal memberikan informasi terkait kebencanaan di Indonesia secara aktif setidaknya setahun terakhir. Menghasilkan sesuatu informasi yang dapat dikonsumsi masyarakat atau stakeholder untuk menjadi bahan pengambilan keputusan.

Kami memulai dengan tim mengumpullkan inisiatif kebencanaan di dekat di lingkungan akademis dan pemerintahan yang telah aktif setidaknya setahun terakhir. Beberapa anggota peneliti memang aktif sebagai tim ahli di ITB, KemenPUPR, BNPB, BMKG, USAID, dan lembaga lainnya.

Setelah itu kami mulai berdiskusi dengan teman sejawat yang kiranya sering bersinggungan dengan penelitian kebencanaan. Untuk selanjutnya akan kami lakukan pertemuan dan pendataan yang lebih lengkap dan baik. Salah satu alat yang akan kami lakukan dalam menilai inisiatif kebencanaan ini adalah dengan diagram framework oleh Bryant, 2013.

Related:   Apa itu Manajemen Proyek Berdasarkan PMBOK?

Daftar Inisiatif Kebencanaan di Indonesia

Di awal pembuatan baru ada 17 inisiatif kebencanaan yang tertulis. Diantaranya yaitu:

  1. InaRISK
  2. InaSAFE
  3. DIBI BNPB
  4. Disaster History Literacy Portal by BNPB
  5. MAGMA Indonesia – Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment in Indonesia
  6. SITABA KemenPUPR
  7. InaTEWS and Info BMKG
  8. Petabencana
  9. Caribencana
  10. Resilience Development Initiative (RDI)
  11. Strengthened Indonesian Resilience–Reducing Risk from Disasters (StIRRRD)
  12. Kompas
  13. Disaster Channel
  14. Siagabencana.com
  15. Dongeng Geologi
  16. The Geopangea Research Group
  17. Ensiklopedia Penanggulangan Bencana Indonesia

Penjelasan lebih detil untuk seluruh inisiatif kebencanaan di atas adalah sebagai berikut:

InaRISK

InaRISK merupakan portal hasil penilaian risiko yang menggunakan server ArcGIS sebagai layanan data yang menggambarkan cakupan wilayah ancaman bencana, populasi terdampak, potensi kerugian fisik (Rp.), potensi kerugian ekonomi (Rp.) dan potensi kerusakan lingkungan (ha) dan terintegrasi dengan realisasi pelaksanaan kegiatan pengurangan risiko bencana sebagai alat pemantauan untuk mengurangi indeks risiko bencana

InaSAFE

InaSAFE adalah perangkat lunak gratis yang menghasilkan skenario dampak bahaya alam yang realistis untuk perencanaan, kesiapsiagaan, dan kegiatan respons yang lebih baik. Ini memberikan cara yang sederhana namun tepat untuk menggabungkan data dari ilmuwan, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk memberikan wawasan tentang kemungkinan dampak peristiwa bencana di masa depan

DIBI BNPB

DIBI BNPB memberikan Informasi Cuaca, Iklim, Kualitas Udara dan Gempa yang terjadi di Indonesia. Aplikasi mobile ini resmi dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Portal Literasi Sejarah Bencana oleh BNPB

Portal Literasi Sejarah Bencana oleh BNPB bekerja sama dengan instansi terkait lainnya seperti Perpustakaan Nasional, ANRI, dan lainnya, baru diluncurkan portal pada 13 Oktober 2020.

MAGMA Indonesia –
Aplikasi Multiplatform untuk Mitigasi dan Penilaian Geohazard di Indonesia

MAGMA Indonesia adalah aplikasi multiplatform (web & mobile) dalam jaringan yang berisi informasi dan rekomendasi bencana geologi terpadu (gunung berapi, gempa bumi, tsunami, dan pergerakan tanah) yang disajikan kepada masyarakat secara semi-real time dan interaktif. Sistem ini dikembangkan dan dikembangkan secara mandiri oleh Pusat Kepegawaian Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak 2015 dengan menggunakan teknologi terkini berbasis open source.

Related:   Pemasangan U-Ditch Tanpa Forklift atau Crane

SITABA KemenPUPR

Sistem Informasi Tanggap Bencana (SITABA) merupakan media database bencana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memantau secara langsung perkembangan bencana di seluruh Indonesia.

InaTEWS dan Info BMKG

InaTEWS dan Info BMKG yaitu portal untuk menjawab kebutuhan dan permasalahan yang terdapat di pengungsian, BNPB sebenarnya telah memanfaatkan aplikasi Qlue yang dapat digunakan oleh warga, relawan dan instansi pemerintah lainnya. Namun aplikasi ini tidak dimanfaatkan oleh BPBD. Pemanfaatan teknologi saat menangani keadaan darurat bencana lebih banyak pada penggunaan teknologi yang populer digunakan, seperti media sosial Whatsapp, Facebook, atau aplikasi kamera terbuka MAGMA atau BMKG Info

Petabencana.id

Petabencana.id diluncurkan untuk penggunaan nasional pada 11 Februari 2020, pertama kali dikembangkan dengan kolaborasi dengan MIT Urban Lab.

Caribencana

Caribencana adalah mesin pencari berbasis spasial percontohan yang bertujuan untuk menemukan dan menghubungkan sains, penelitian, dan inovasi yang tersedia dengan kegiatan pembangunan ketahanan dan pengurangan risiko bencana (PRB) apa pun di Indonesia, sehingga memastikan kebijakan, investasi, dan pembangunan diinformasikan dengan ilmu pengetahuan terbaru dan pengetahuan tersedia. Konsep inti CARI! mencakup mesin pencari otomatis, sintesis produk penelitian yang dibantu pembelajaran mesin, filter scientometric, dan visualisasi terhadap informasi risiko berbasis spasial di Indonesia

Resilience Development Initiative (RDI)

Inisiatif think tank Indonesia yang berfokus pada isu-isu seperti ketahanan terhadap bencana dan iklim, sistem energi terbarukan, kesetaraan gender, kesejahteraan anak-anak, dan pembangunan berkelanjutan, dan lain-lain. Melalui keterlibatan dalam masalah-masalah ini, RDI berperan dalam memberikan kontribusi pada tubuh pengetahuan tentang pembangunan berkelanjutan, masalah sosial, dan studi penelitian ketahanan.

Strengthened Indonesian Resilience – Reducing Risk from Disasters (StIRRRD)

Kegiatan StIRRRD bertujuan untuk mencapai pengurangan risiko bencana dan peningkatan kesiapsiagaan di tingkat daerah untuk memperkuat ketahanan Indonesia. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan UGM dan GNS Science New Zealand serta didukung oleh BNPB, Kemendesa dan Bappenas. Pendanaan untuk kegiatan ini didukung penuh oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (MFAT) Selandia Baru.

Related:   Lingkungan Manajemen Proyek, Bagaimana Mengelolanya?

Kompas – Ekspedisi Cincin Api

Kompas adalah media berita nasional di Indonesia. Portal ini menguraikan rangkaian ekspedisi geolosial yang dilakukan oleh tim Kompas, tentang bahaya geologi yang digabungkan dengan kearifan lokal.

Saluran Bencana

Disaster Channel adalah website yang menyediakan konten tentang informasi kebencanaan secara umum seperti artikel, infografik, perpustakaan digital, berita, dan video untuk meningkatkan literasi bencana masyarakat di Indonesia.

Siagabencana.com

SiagaBencana.com adalah website yang menyediakan konten tentang informasi kebencanaan secara umum seperti artikel, infografis, perpustakaan digital, berita, dan video untuk meningkatkan literasi bencana masyarakat di Indonesia.

Dongeng Geologi

Dongeng Geologi adalah blog populer di bidang geosains dan manajemen bencana. Isinya dikumpulkan dan ditulis oleh anggota yang telah mendaftar, termasuk juga info, artikel, dan berita terkini tentang peristiwa geologi atau bencana di Indonesia.

Geopangea Research Group Indonesia

Kelompok Penelitian GeoPangea adalah kelompok riset asal Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kontribusi pengetahuan ilmiah dalam berbagai aspek geosains dengan melakukan penelitian. Hasilnya didokumentasikan dalam artikel, jurnal, makalah yang diterbitkan dalam pameran / konvensi di acara profesional regional dan internasional

Ensiklopedia Penanggulangan Bencana Indonesia

Bencanapedia.id adalah portal inisiatif kebencanaan yang aktif mengisi konten ensiklopedia tentang penanggulangan bencana di Indonesia yang dikembangkan untuk berbagi ilmu kebencanaan. Portal komunitas dengan format bahasa Indonesia yang memberikan ruang kontributif bagi siapa saja untuk menulis sebagai kontributor.

And finally anything about disaster initiative in Indonesia~

Apabila kamu menemukan inisiatif kebencanaan lain atau berdiskusi mengenai riset tentang hal ini, yuk berkomentar di bawah atau email saya saja di halaman kontak. Ditunggu ya~

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

2 thoughts on “Daftar Kelompok Inisiatif Kebencanaan di Indonesia”

Leave a Comment