Gabung Komunitas Teknik Sipil Terbesar Indonesia

Tambah Pintar dengan Luaskan Jaringan Proyek dan Pertemanan di Industri Sipil dengan Bergabung Komunitas Teknik Sipil Terbesar di Indonesia – Saat tingkat akhir kuliah di tahun 2019. Saya saat itu kesulitan untuk mencari sumber-sumber informasi dan diskusi teknis sipil yang lebih teknis, tentu di luar kampus.

Summary Hide

Namun, biasanya komunitas yang ada hanyalah komunitas alumni atau lewat asosiasi yang harus masuk dunia kerja yang lebih lama. Sungguh kurang ramah untuk calon fresh graduate seperti saya, hehe.

Saat itu saya mencari beberapa properti elemen dari AutoCad dan beberapa gambar lain yang saya ingin gunakan dalam proyekan dan tugas akhir. Saat itu saya bertemu dengan portal ini. Portal yang juga sepertinya bisa saya kategorikan startup di industri Sipil mungkin? Portal itu bernama SipilPedia.

Anda bisa mendaftar SipilPedia hanya dengan seratus ribu dengan berbagai bonus menggunakan affiliate dari saya. Tertarik? Daftar yuk!

Apa Komunitas Teknik Sipil Terbesar di Indonesia?

SipilPedia sendiri setahu saya berkembang awalnya dari sebuah komunitas di grup FB “Komunitas Teknik Sipil Indonesia“. Pengasuh, CEO, dan sepertinya satu-satunya admin pengelolanya yaitu Mas Budi Suryanto.

Teman-teman bisa langsung berteman dengan beliau. Orangnya enak banget diajak diskusi dan ditanya-tanya. Dari CVnya, beliau adalah alumni Teknik Sipil UNS, mantan pegawai program MT PT. PP, dan sekarang di konsultan serta mengembangkan portal SipilPedia ini.

Grup Gratis Facebook Komunitas Teknik Sipil Indonesia

Grup FB dari “Komunitas Teknik Sipil Indonesia” ini merupakan grup private walau gabungnya juga mudah. Adminnya juga sigap memasukkan anggota baru. Anggota dalam grup ini sampai Juni 2020 lebih dari 50 ribu anggota. Terbesar di pencarian Facebook Indonesia dan saya pikir di dunia sih, hehe.

Perlu diketahui bahwa SipilPedia merupakan Premium Memberhip yang anggotanya merupakan irisan dengan grup facebook “Komunitas Teknik Sipil Indonesia“. Kalau diibaratkan ya keanggotan gratis yaitu grup facebook “Komunitas Teknik Sipil Indonesia“. Sedangkan keanggotaan berbayar yaitu SipilPedia Premium Memberhip dengan berbagai keuntungan yang menarik!

Apa Saja Isi Grup Facebook “Komunitas Teknik Sipil Indonesia”?

Isinya sangat macam-macam, mulai hal remeh temeh berupa meme berkaitan teknik sipil sampai berbagi proyekan bersama ada semua disini. Berikut isi grup facebook ini

Tanya-tanya Penggunaan Software Teknik Sipil

Salah satu paling banyak disini adalah diskusi dan sharing mengenai penggunaan software-software seperti AutoCAD, Etabs, Revit, dll.

Diskusi Proyek Nasional dan Dunia Terunik dan Terbaru

Berbagai proyek dalam negeri ataupun luar negeri dibahas dengan diskusi yang mengalir oleh setiap anggota grup.

Penawaran Pekerjaan atau Proyek Terbaru Antar Sesama Anggota

Terkadang ada tawaran peluang pekerjaan yang menarik dari berbagai kontraktor dan konsultan di dalam negeri. Menarik kan? hehe.

Diskusi Inovasi Pengembangan Teknologi dalam Suatu Proyek Tertentu

Berbagai diskusi, trik, dan tips penggunaan praktis teknologi dalam proyek sipil terbaru oleh berbagai anggota grup.

Sharing Kerja di Industri Sipil yang Kurang Mendapat Apresiasi Baik

Sharing diskusi dunia kerja di industri Teknik Sipil. Salah satu hal yang sering dibahas ya kurang baiknya apresiasi kepada sebagian besar orang yang bekerja di Teknik Sipil. Apresiasi yang ada masih kalah oleh misal orang yang bekerja di industri informatika, keuangan, dan yang lainnya, hehe.

Sharing Webinar Teknik Sipil dari Berbagai Kampus dan Institusi

Sering ada share informasi webinar yang diadakan oleh kampus dan institusi. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Ada yang menyediakan sertifikat, ada yang tidak menyediakan. Terkadang malah ada yang sharing pelatihan untuk meraih SKA (Surat Keterangan Ahli) dan lainnya. Cukup membantu dalam meningkatkan harga jual sebagai seorang insinyur atau yang bekerja di industri sipil.

Cari Vendor Subkontraktor Untuk Mengerjakan Proyekan

Beberapa orang menawarkan jasa vendor dengan harga bersaing. Beberapa yang lain juga mencari subkontraktor untuk proyek yang mereka kerjakan. Simbiosis mutualisme yang baik untuk saling mendukung industri sipil ini.

Diskusi Aturan SNI Terbaru

Seringkali terjadi diskusi penerapan SNI terbaru seperti SNI Gedung, Gempa, dan lainnya. Beberapa anggota menawarkan penjelasan penggunaan praktis SNI tersebut. Beberapa mengungkapkan pengalaman kondisi di lapangan terkait SNI yang ada.

Diskusi Tender Proyek Terbaru

Terkadang ada yang mendiskusikan mengenai proyek tender terbaru dari suatu kota. Ada yang menanyakan mengenai mekanisme tender dengan pendaanaan tertentu seperti ini akan seperti apa.

Sharing Pelatihan Software dan Keahlian Tertentu

Diskusi pelatihan software dan keahlian tertentu juga menjadi topik bahasan. Kebetulan juga, admin dari grup facebook KTSI ada yang merupakan pemilik pelatihan software sipil. Beberapa anggota grup yang ingin meningkatkan kemampuannya bisa bertanya mengenai hal ini.

Dedek SMA yang Galau Bertanya Apa Itu Teknik Sipil

Banyak sekali anak SMA dan lulusan baru menanyakan bagaimana prospek Teknik Sipil dan kerja di industri ini. Oleh beberapa anggota grup seringkali dijadikan guyonan, hehe. Kasihan juga. Ya namanya grup bebas ya, jadi anak SMP kayaknya juga ada disini. Yang penting lagi banyak juga yang tidak berlatar belakang Teknik Sipil namun gabung dengan grup ini. Ya karena mereka kerja di industri ini aja.

Dan masih banyak lagi

Berbagai Kekurangan Grup KTSI Teratasi di SipilPedia

Beberapa kekurangan itu adalah sebagai berikut,

Diskusi Tidak Terkontrol dengan Baik Oleh Admin

Admin yang ada punya kesibukan banyak diluar grup. Jadi ya sering terjadi postingan atau diskusi yang belok, hehe.

Kadang Ada Tema Diskusi di Luar Teknik Sipil

Masih ada beberapa diskusi yang diluar topik utama. Ya hal ini harus dipahami karena grupnya juga bebas dimasuki. Tidak ada yang mengontrol dan mengingatkan

Susah Mendapat Referensi dari Ahli Setingkat Dosen atau Insinyur Berpengalaman

Karena grup bebas juga, terkadang sangat sulit menemukan orang yang berpengalaman setingkat dosen atau praktisi ahli. Kebanyakan, mohon maaf, menjawab hanya dengan pengalaman untuk proyek kecil, setingkat rumah.

Kadang Tersusupi Politik dan Isu SARA

Isu politik dan SARA ketika rame-rame tahun politik juga tidak bisa lepas oleh grup ini. Beberapa orang masih terkadang marah dengan kondisi ini. Tapi ya gimana lagi. Namanya grup bebas, hehe.

Sulit Mendapat Info Asli SNI Terbaru dan Terpercaya

Karena bebasnya orang dan terkadang diskusi dimulai oleh anggota yang belum berpengalaman. terkadang masih sulit mencari info SNI terbaru dan terpecaya. Diskusi info SNI terbaru hadir setelah ada anggota grup senior yang keluar, hehe.

Tidak Ada Prioritas Support Terhadap Permasalah Teknis Proyek

Tidak ada fasilitas support lebih apabila teman-teman membutuhkan jawaban yang cepat dan kritis. Karena ya grup bebas, anggota yang ada punya priioritas tersendiri. Apalagi kalau bertanya hal yang lebih teknis. Susah kalau di grup bebas seperti ini.

Tidak Ada Prioritas Daftar Webinar SipilPedia

Salah satu webinar dibagikan yaitu webinar dari SipilPedia. Webinar di SipilPedia sangatlah banyak sekali. Teman-teman bisa melihat list daftar webinar yang sudah dilakukan di sini. Namun apabila teman-teman bukan premium member SipilPedia, maka teman-teman hanya mendapat slot sisa. Kadang cuma butuh waktu setengah jam bahkan kurang, slot tersebut habis. Ada fasilitas sertifikat untuk webinar ini.

Tidak Ada Prioritas Bantuan Instalasi dan Penggunaan Software Teknik Sipil

Tidak ada kepastian yang lebih kalau teman-teman membutuhkan bantuan instalasi serta tutorial penggunaan software di industri ini. Perlu bergabung di SipilPedia Premium untuk mendapat seluruh fasilitas tersebut.

Grup Terkadang Terlalu Ramai dengan Pertanyaan Spam dan Remeh

Grup facebook yang terbuka seperti ini sering jadi sasaran pertanyaan remeh, bagi sebagian orang kurang cocok. Banyak juga yang jualan diluar topik utama. Terkadang membuat grup tidak kondusif.

dan masih banyak lagi

Keuntungan Menjadi Premium Membership SipilPedia?

Berbagai kekurangan grup facebook KTSI teratasi ketika anda daftar SipilPedia Premium. Banyak sekali keuntungan menjadi member di SipilPedia antara lain yaitu.

  1. Free support diskusi lewat grup facebook “SipilPedia Premium”
  2. Free Update Lowongan Kerja Teknik Sipil
  3. Berhak request Ebook, Software dan Tutorial
  4. Bebas download Ebook semua bidang Teknik Sipil
  5. Bebas download Software Teknik Sipil
  6. Prioritas Webinar SipilPedia
  7. Prioritas Info SNI Terbaru dan Terpercaya
  8. Prioritas Diskusi dengan Ahli dan Sumber Terpercaya
  9. Prioritas Diskusi Teknis Software dan Proyek yang dilakukan
  10. Grup support yang terkontrol oleh Admin
  11. Bebas download Tutorial Software (Ebook dan Video)

Kalau kesulitan download saya akan bantu lewat blog saya ini. Mungkin saya akan sharing beberapa software yang sering digunakan. Tolong support juga ya~

Daftar SipilPedia Membership dengan Banyak Diskon Yuk!

Harga membership sangat murah sekarang masih di 100.000 pertahun atau 8000an perbulan atau hanya 200an perhari. Anda juga bisa memperpanjang tahun selanjutnya dengan harga yang sama. Gokil!

Dengan mengklik link pendaftaran lewat affiliasi saya. Dapatkan lisensi smadav pro lifetime gratis setelah anda hubungi saya lewat facebook atau email di halaman contact selama persediaan masih ada 🙂

Mohon diingat agar segera membayar dan melunasi harga membership setelah mengklik link pendaftaran di bawah ya teman-teman 🙂 Kalau ada kesulitan jangan sungkan untuk bertanya teman-teman.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment