Jasa Pengiriman Barang yang Berkualitas: Kenali Layanan dan Keuntungannya!

Jasa pengiriman barang menjadi salah satu pilihan terbaik yang dipakai untuk mengirimkan barang. Berbagai jenis layanan tersedia untuk memudahkan pelanggan mendapatkan semua kebutuhannya.

Adanya variasi ini tentu memberikan kemudahan bagi banyak kalangan. Mereka tidak perlu datang secara langsung untuk mengantar sesuatu ke tempat tujuan.

Saat ini, jasa yang bergerak di bidang pengiriman barang semakin banyak. Dengan demikian, masyarakat bisa memilih mana yang paling disukai dan dianggap berkualitas.

Beberapa Jasa Pengiriman Barang Terpopuler

Aktivitas jasa pengiriman barang saat ini cukup ramai dan rutin, sehingga usaha yang bergerak di bidang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia.

Jangkauan wilayahnya semakin luas sehingga membuat pelanggan menjadi terbantu sekali dalam mengantarkan barangnya ke tempat tujuan. Berikut beberapa jasa yang bisa Anda pilih:

J&T Express

J&T Express merupakan perusahaan jasa pengiriman barang yang masih sangat baru yaitu berdiri pada tahun 2015.

Walaupun demikian, jasa ini sudah mampu memperluas wilayah hingga ke seluruh Indonesia menyaingi kepopuleran para kompetitor saat ini.

J&T Express menawarkan berbagai layanan yang tak kalah dengan jasa pengiriman barang senior, yaitu salah satunya adalah penerapan sistem jemput bola. Yaitu mendatangi setiap pelanggan untuk mengambil barang dan mengirimkannya ke tempat tujuan.

Bahkan, hampir semua orang mengungkapkan bahwa pengiriman yang dilakukan oleh pihak J&T memang sangat cepat. Terkadang tidak sampai 24 jam jika jarak tempuh masih dalam satu wilayah.

POS Indonesia

POS Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah sangat lama berdiri semenjak tahun 1746. Perkembangannya cukup pesat hingga saat ini.

Dulunya hanya menyediakan layanan sebatas kurir saja, namun sekarang merambah ke jasa pengiriman keuangan. Bahkan, saat ini Pos Indonesia telah disupport oleh 4.800 cabang di seluruh Indonesia.

Dengan begitu untuk menemukannya pun tidaklah sulit. Walaupun saat ini sudah sangat menjamur jasa pengiriman dimana-mana, tetapi tetap dapat berdiri tegak mempertahankan kredibilitasnya sebagai perusahaan kurir pertama.

Namun terkadang, kantor pos hanya beroperasi pada jam kerja (Senin sampai Ju’mat) saja. Dengan begitu, barang pun terkadang ada keterlambatan.

TIKI (Titipan Kilat)

TIKI adalah singkatan dari Titipan Kilat. Merupakan suatu perusahaan jasa pengiriman barang yang berdiri pada tanggal 1 September 1970.

Bahkan, saat ini sudah mampu memiliki cukup banyak cabang yang berjumlah lebih dari 450 kantor. TIKI telah berkembang dan mampu memperluas jangkauannya hingga mencapai seluruh wilayah Indonesia.

Walaupun semakin banyak jasa pengiriman barang bermunculan, namun Titipan Kilat tetap survive dengan mengedepankan pelayanannya kepada customers mereka.

JNE Express

JNE Express berdiri sejak tahun 1990, pertumbuhannya yang semakin hari menampakkan perubahan signifikan membuatnya cukup populer di kalangan para pelaku bisnis online.

Terlebih lagi jangkauan wilayahnya cukup luas dan memiliki banyak gerai tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Saat ini, pihak JNE menawarkan berbagai layanan cukup menarik, seperti pengiriman uang, dokumen, antar jemput ASI.

Terdapat pula layanan Cash On Delivery (COD) yang sekarang marak digunakan oleh pelaku bisnis online untuk mempermudah para konsumennya.

Wahana

Wahana merupakan perusahaan jasa pengiriman barang yang telah berdiri semenjak tahun 1998 silam. Dari 2002 sudah mampu melayani paketan ke seluruh kota besar di Indonesia.

Bahkan, hingga saat ini masih terus mengalami perluasan wilayah jangkauan demi kepuasan para pelanggannya. Kini Wahana sudah mampu memperluas wilayah hingga ke luar negeri yaitu Singapura dan Malaysia.

Berbagai layanan ditawarkan seperti “Jastip” (jasa titip) yang cukup diminati para ibu rumah tangga untuk melakukan pembelian tanpa keluar rumah.

SiCepat

SiCepat merupakan perusahaan ekspedisi yang berdiri semenjak tahun 2004. Menyesuaikan dengan namanya, jasa pengiriman barang ini mengutamakan kecepatan sampainya barang hingga di tempat tujuan.

Jadi lebih fokus ke komitmen waktunya sehingga tidak heran jika jumlah pelanggan terus meningkat. Si cepat saat ini sudah mampu memperluas jaringan hingga ke seluruh kota besar di Indonesia.

Tidak heran jika sekarang namanya cukup populer di kalangan para pelaku bisnis online. Sebab, komitmen dan kredibilitas yang ditawarkan semata-mata hanya untuk memuaskan pelanggannya.

Jenis-jenis Layanan Pengiriman Barang Terbaik

Pelayananan dari ekspedisi jasa pengiriman barang sangat menguntungkan sehingga mempermudah aktivitas masyarakat. Berikut beberapa layanan terbaiknya:

Layanan Super cepat

Layanan jasa pengiriman barang memiliki banyak jenis, salah satunya super cepat. Tarifnya sedikit lebih mahal dibandingkan yang lainnya.

Meskipun demikian, kecepatan barang sampai di tempat tujuan sangat bisa diandalkan. Sayangnya, fasilitas ini belum tersedia di semua kota wilayah Indonesia.

Opsi tersebut sangat baik karena memudahkan Anda yang ingin mengirim barang dalam waktu singkat. Apalagi, kini ada layanan melakukan pengecekan paket secara online.

Umumnya, terdapat garansi bila barang sampai ke tempat pelanggan lebih dari 24 jam. Jika terlambat, akan mendapat kompensasi sesuai kesepakatan.

Layanan Reguler

Layanan paket regular adalah fasilitas terlaris yang diberikan oleh jasa pengiriman barang. Umumnya tidak berlaku garansi sehingga apabila terjadi keterlambatan, pelanggan tidak bisa mengajukan klaim apapun.

Biasanya, paketan tersebut tidak tersedia di hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya. Apabila tertarik menggunakannya, sebaiknya kirim barang yang tidak mudah busuk/rusak.

Hal tersebut disebabkan karena waktu sampainya bervariasi, mulai 1 hingga 7 hari. Lamanya bergantung pada jarak tempuh.

Layanan Ekonomis

Apabila ingin tarif yang lebih murah dari reguler, maka jangan ragu memilih paket ekonomis. Ini lumayan disukai karena memberikan biaya super terjangkau bagi seluruh pelanggan.

Betapa tidak, hanya dengan mengeluarkan sedikit uang, seseorang bisa mengirimkan barangnya ke luar kota. Salah satu penyedianya yaitu kantor pos.

Jika ingin menggunakan paket ekonomis tersebut, sebaiknya Anda sedikit bersabar karena waktu pengirimannya sedikit lebih lama dari yang reguler.

Meskipun demikian, adanya layanan tersebut sangat membantu karena memudahkan seluruh golongan masyarakat saat mengirimkan barang ke luar kota.

Layanan Esok Sampai

Umumnya, jjasa pengiriman barang memiliki layanan yang disebut esok sampai. Uniknya, fasilitas itu dapat dimanfaatkan meskipun akhir pekan.

Namun biaya pengantarannya lebih mahal dibandingkan dengan yang reguler. Jika Anda memilih tipe ini, barang akan diantarkan maksimal keesokan harinya.

Umumnya, ada garansi apabila barang tidak sampai ke tangan pembeli di hari selanjutnya. Adanya layanan tersebut sangat memudahkan, terutama yang harus mengirimkan paket sesegera mungkin.

Layanan Kirim Dokumen

Jasa pengiriman barang berkualitas umumnya memiliki layanan kirim dokumen sehingga barang Anda akan sampai dengan selamat tanpa kurang suatu apapun.

Mengirimkan berkas sangat beresiko tinggi. Selain itu berpotensi rusak atau tercuri, dan berbagai kendala lainnya yang bisa saja terjadi.

Adanya jasa kirim dokumen ini memberikan banyak manfaat. Terdapat berbagai macam transportasi yang ditawarkan mulai jakur darat hingga jalur udara.

Namun, ketersediaannya bergantung pada penyedia masing-masing. Ada baiknya menanyakannya dahulu pada pihak Admin sebelum melakukan pengiriman.

Layanan Kirim Barang Banyak

Ingin mengirim barang dalam jumlah besar? Sebaiknya lakukan pengiriman barang secara khusus. Umumnya jumlah minimalnya adalah 10 kg.

Adanya layanan tersebut pasti akan mempermudah para distributor. Layanan seperti ini kebanyakan menggunakan kargo ataupun armada besar lainnya.

Selain terjangkau, keamanannya pun sangat terjaga. Namun, apabila ingin menggunakannya Anda disarankan menanyakan terlebih dahulu mengenai persyaratannya.

Beberapa Tipe Armada yang Digunakan saat Pengiriman Barang

Terdapat berbagai jenis armada yang digunakan untuk mengirimkan paketan ke pelanggan. Adanya variasi ini disesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirim.

Apabila berukuran sangat besar, tentu berbeda alat angkutnya dengan barang kecil lainnya. Berikut beberapa di antaranya:

Mobil

Mobil adalah kendaraan yang paling sering dipakai untuk mengantarkan paketan ke rumah. Kendaraan ini praktis karena bisa mengirim barang berukuran kecil hingga besar.

Dikarenakan petugas kurir terlalu banyak membawa paket, maka menggunakan mobil merupakan alternatif yang lebih praktis dibandingkan motor.

Pengangkutan dengan mobil ini dinilai aman karena kendaraan tersebut bisa tahan panas dan air hujan. Sayangnya, armada itu tidak dapat menjangkau gang-gang sempit seperti yang ada di kota besar.

Kapal

Salah satu armada yang membantu jasa pengiriman barang ialah kapal. Ekspedisi umumnya akan menggunakan tipe ini saat ingin mengirimkan paketan ke luar pulau dalam jumlah cukup banyak.

Untuk durasi pengiriman, bisa berhari-hari atau seminggu. Namun dibandingkan jenis lainnya, dari segi biaya memang lebih terjangkau.

Barang pelanggan akan dibawa menggunakan kapal laut sehingga proses pengirimannya relatif lebih lama dibandingkan jalur udara.

Pickup Box

Mobil pickup box juga kerap digunakan untuk mengangkut barang ke pelanggan. Kendaraan ini dinilai praktis karena mampu membawa berbagai jenis barang.

Mulai dari yang kecil hingga kotak berukuran agak besar. Alhasil, dokumen berharga Anda pun terlindungi secara maksimal.

Mobil Box ini akan memberikan pelayanan ekstra sehingga paketan sampai di rumah dalam keadaan aman dan tidak kurang suatu apapun.

CDD

CDD ialah salah satu armada keren yang kerap digunakan untuk mengangkut paketan berukuran jumbo ke tempat pelanggan.

Bentuknya seperti truk besar dengan roda berjumlah 6. Barang kiriman akan aman diangkut menggunakan ini karena tersedia kotak pelindung khusus terbuat dari besi.

Umumnya, truk tersebut digunakan untuk mengangkut barang-barang bermuatan besar hingga material curah.

Tersedia pula berbagai jenis CDD, mulai dari yang berkapasitas 4 ton hingga 6 ton. Bahkan, benda setinggi 2 meter juga bisa diangkut menggunakan kendaraan bertampang gahar tersebut.

CDE

Ada lagi armada berukuran besar yang sering dipakai kurir untuk mengangkut barang ke tempat pelanggan. Bentuknya tidak sebesar CDD dengan roda yang hanya berjumlah 4.

Namun, kapasitasnya cukup banyak karena dapat menampung hingga 2 ton. Tidak heran jika beberapa penyedia jasa memilihnya.

Berbagai macam barang dapat diangkut mengangkut CDE. Tak hanya kotak-kotak berukuran jumbo, hewan-hewan ternak pun mampu diangkutnya menggunakan kendaraan satu ini.

Motor

Salah satu armada terbaik yang paling sering digunakan oleh kurir ekspedisi ialah motor. Kendaraan ini memiliki banyak fungsi dan terbilang lebih efektif untuk daerah terpencil.

Selain gesit karena bisa menembus kemacetan kota, gang kecil pun dapat dilalui dengan mudah. Jika petugas menggunakannya, potensi menemukan rumah pelanggan semakin besar.

Sayangnya, armada ini kurang praktis jika digunakan saat musim hujan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena barang paketan biasanya selalu dibungkus plastik.

Apa saja Keuntungan Menggunakan Jasa Pengiriman Barang?

Anda ingin melakukan pengiriman barang? Sebaiknya pilih ekspedisi berkualitas karena penyedia layanan tersebut akan memberikan banyak keuntungan.

Tidak hanya kemudahan saat mengaksesnya, namun durasi pengirimannya pun terbilang sangat cepat. Berikut adalah keuntungannya:

Adanya Garansi dari Perusahaan

Salah satu keuntungan yang dimiliki oleh jasa kirim barang ialah garansi. Tidak semua paket menyediakan fasilitas tersebut.

Jika berminat, Anda bisa menambahkannya agar paketan lebih aman sampai tujuan. Tentu ada sedikit biaya tambahan apabila menggunakan layanan ini.

Meskipun terdapat biaya tambahan, namun keamanan barangnya sangat terjaga. Jadi, apabila benda yang dikirimkan hilang di tengah jalan, Anda akan mendapatkan ganti rugi sesuai kesepakatan.

Sebelum melakukan pengiriman ada baiknya menanyakan secara rinci mengenai informasi tentang ini. Hal sepele seperti ini dapat menimbulkan masalah besar jika tidak ditanyakan.

Kecepatan Pengiriman

Keuntungan yang diperoleh apabila menggunakan jasa pengiriman barang adalah kecepatan pengiriman bisa dipilih.

Jika ingin mengirim barang dalam hitungan jam, disarankan memilih paket tercepat (ekspres). Untuk infromasinya, Anda dapat menanyakan jenis-jenisnya pada ekspedisi terkait.

Semakin cepat sampai suatu barang, makin mahal pula ongkos kirimnya. Namun, itu sangat wajar mengingat pelayanan yang diberikan pun jauh lebih baik dibandingkan paket biasa.

Harga Terjangkau

Keistimewaan lainnya yang akan diperoleh jika memakai jasa pengiriman barang adalah harganya sangat terjangkau.

Bahkan Anda bisa menyesuaikan paket dengan ongkosnya. Apabila ingin mengirimkan barang tanpa terikat waktu, pilihan harga terendah agar menghemat pengeluaran.

Biaya jasa pengiriman barang ini sengaja disediakan bervariasi, sehingga seluruh masyarakat dapat menikmatinya. Bila ingin memperoleh pelayanan ekstra cepat, tentu dana yang dibutuhkan lebih banyak.

Barang Aman Sampai Tujuan

Keuntungan apabila memakai jasa kirim barang lainnya yakni barang dapat sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Ekspedi yang baik akan memberikan bungkus paling kuat dan dilapisi dengan material yang sesuai dengan pilihan pelanggan. Terlebih jika berupa benda yang terbuat dari kaca.

Barang tetap bisa dikirimkan ke tempat tujuan dengan aman. Tentu untuk persyaratan garansinya bergantung pada masing-masing perusahaan. Pastikan pula menanyakan layanan tersebut pada Admin.

Packing Mudah                                                 

Apabila Anda ingin mengirimkan barang pecah belah maupun elektronik, tidak perlu repot takut hancur di jalan karena pihak ekspedisi menyediakan “packing khusus”.

Jasa tersebut bisa didapatkan dengan sedikit menambah biaya pengemasan. Hal ini sangat disarankan untuk para pembeli barang dengan jarak tempuh berhari-hari.

Jadi Anda hanya perlu melakukan packing standar lalu akan dilanjutkan dengan kemasan khusus oleh kurir ekspedisi.

Mengenai rincian harganya, ini dapat berbeda-beda antara jasa pengiriman barang satu dan lainnya. Perbedaan itu umumnya dikarenakan fasilitas yang diperoleh.

Bisa Tracking Sendiri

Keistimewaan jasa kirim barang yang terbaik ialah Anda bisa melakukan pelacakan barang lewat beberapa perangkat (laptop, PC ataupun smartphone).

Dengan menggunakan alat tersebut, barang dapat diketahui keberadaannya (apakah sudah sampai tujuan atau belum). Adanya kemudahan ini begitu menguntungkan serta praktis untuk dilakukan.

Anda tidak perlu menanyakan apakah barangnya sampai atau belum kepada petugas, sebab dapat dilakukan pengecekan sendiri dari rumah. Terlebih di masa pademi seperti ini.

Caranya mudah, cukup masukkan saja nomor resi dan dalam sekejab informasi yang akurat akan ditampilkan. Baik itu tujuan, nama pengirim, nama penerima dan juga lokasi terkininya.

Jenis-jenis Barang yang Sering Dikirim

Bicara tentang jasa pengiriman barang, ada banyak barang yang bisa dikirim menggunakan ekspedi ke seluruh Indonesia.

Tidak hanya barang, bahkan berbagai, makanan, perlengakapan, dan juga dokumen pun dapat sampai di tangan penerima dalam hitungan jam. Berikut ulasan lengkapnya:

Makanan

Salah satu produk yang paling sering dikirimkan ialah makanan. Umumnya, hidangan siap saji dalam bentuk frozen atau cemilan kering adalah produk terlaris.

Biasanya, barang tersebut dilapisi oleh bubble wrap sehingga tetap aman meskipun tak sengaja terbanting saat proses pengiriman.

Barang ini sangat praktis karena bisa dikirimkan kapan saja. Seringkali hanya makanan kering tahan beberapa hari saja yang boleh dikirimkan.

Petugas ekspedisi nantinya akan menanyakan mengenai isi paketan. Demi keamanan, pastikan makanan tersebut tidak akan basi dalam beberapa hari kedepan.

Kosmetik

Barang kedua yang cukup laris dan sering dipaketkan ke luar kota maupun pulau yakni kosmetik. Alat kecantikan ini dibutuhkan oleh wanita karena hampir digunakan setiap hari.

Penggunaan ekspedisi sangat memudahkan karena belanja online kini bisa dilakukan dari rumah dengan berbekal gadget saja. Baik melalui Shopee, Bukalapan, Tokopedia dan masih banyak lagi.

Sama seperti makanan, sebaiknya kosmetik diberi perlindungan lebih seperti bubble wrap sehingga tidak pecah atau hancur bagian dalamnya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Sebab, alat kecantikan tersebut agak rapuh dan harganya cukup tinggi untuk brand tertentu.

Pakaian

Jasa kirim barang sering sekali mengantarkan paketan berisi pakaian ke rumah pemesan. Barang ini sangat praktis karena bisa dikirimkan tanpa takut basi ataupun pecah.

Di samping itu juga sangat fleksibel. Dalam 1 kg saja, dapat memuat beberapa potong baju sehingga akan sangat menghemat pengeluaran ongkos kirim.

Pakaian menjadi salah satu barang yang sering dipaketkan karena kebutuhan orang akan produk tersebut kian meningkat.

Bukan hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari saja, kebutuhan pokok ini juga kerap diperjualbelikan sehingga mobilitasnya dalam ekspedisi cukup tinggi.

Elektronik

Salah satu barang yang kerap dikirim menggunakan jasa ekspedisi ialah barang elektronik, seperti kamera, TV dan hp.

Bukan hanya itu saja, laptop seharga belasan juta pun juga kerap diperjualbelikan kemudian dikirim menggunakan salah satu jasa terbaik saat ini.

Khusus untuk barang elektronik, ekspedisi akan menyarankan untuk menggunakan packing kayu agar keamanannya terjaga.

Hal ini dapat dilakukan oleh petugas sehingga Anda hanya perlu membayar sejumlah biaya tertentu. Untuk nominalnya sendiri, mulai dari puluhan hingga jutaan (seseuai dengan harga barang).

Aksesoris

Barang yang sering dikirim via ekspedisi selanjutnya ialah akseseoris. Benda ini cukup praktis dan tidak memakan tempat.

Anda tidak akan menghabiskan banyak ongkir jika hanya mengirimkan beberapa buah kerajinan tangan. Namun bila terbuat dari emas atau bahan berharga lainnya, ada sedikit tambahan biaya.

Tambahan biaya ini digunakan untuk membayar asuransi agar perhiasan Anda agar tetap aman sampai tujuan tanpa kurang suatu apapun.

Peralatan Rumah Tangga

Ada lagi barang yang sering dikirim ke luar pulau yakni peralatan rumah tangga. Harga barang tersebut cukup murah apabila dibeli di kota besar.

Oleh karena itu, kini banyak orang memutuskan membeli secara online karena perbedaan harganya cukup signifikan. Kemudian dikirm dengan salah satu penyedia jasa ternama.

Sama seperti perlengkapan lain, jika terbuat dari kaca atau keramik sebaiknya tambahan bubble wrap. Bila sedikit rapuh dan butuh perlakuan khusus, Anda bisa memakai packing kayu.

Jasa Pengiriman Berdasarkan Rute Pengiriman

Terdapat berbagai pengiriman berdasarkan rute pengirimannya. Anda dapat menggunakan jasa tersebut sesuai kebutuhan.

Harganya sangat bervariasi sebab penghitungan ongkos kirim didasarkan oleh lokasinya. Semakin jauh areanya, tentu biayanya agak mahal. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan di bawah ini:

Jasa Kirim Antar Kota

Salah satu layanan yang terbaik yakni jasa kirim antar kota. Pelayanan ekspedisi ini sungguh memudahkan karena meski tinggal di tempat berbeda, orang tetap bisa saling berkirim barang.

Adanya layanan tersebut dapat mendekatkan hubungan 2 belah pihak. Berkat adanya jasa kirim antar tersebut, barang di kota A dapat dimiliki tanpa pergi ke sana (terlebih jika berbelanja online).

Dengan kata lain, hal ini akan menghemat tenaga. Anda bahkan boleh request ingin menggunakan layanan tercepat atau reguler. Itu bisa disesuaikan keinginan. Cukup praktis bukan?

Jasa Kirim Luar Pulau

Layanan lainnya ialah kirim barang ke luar pulau. Umumnya armada yang digunakan ialah mobil dan kapal. Terpisah oleh laut bukan jadi penghalang untuk mengirimkan barang untuk kesayangan.

Seperti halnya pengiriman barang, dari Jawa ke Kalimantan atau bahkan dari Jawa ke Papua (begitu pula sebaliknya).

Kini ekspedisi menyediakan berbagai jasa pengantaran dengan harga terjangkau. Murahnya biaya pengantaran ini bahkan sudah didukung oleh asuransi agar barang berharga pun tetap bisa dikirimkan.

Adanya jaminan tersebut membuat Anda menjadi lebih tenang saat melepas barang untuk dipaketkan ke tempat tujuan. Tidak perlu khawatir karena perusahaan akan menanganinya dengan baik.

Jasa Kirim Luar Negri

Ada lagi layanan terbaik yang tersedia di jasa pengiriman barang berkualitas, ialah pengiriman ke luar negeri. Dengan adanya pelayanan tersebut, Anda dapat mengirimkan benda favorit ke kerabat di negara lain.

Hal serupa juga sering dilakukan oleh para TKI di Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong dan lain sebagainya untuk beberapa  kepentingan.

Mengenai tarif, biasanya jauh lebih mahal dibandingkan antar kota maupun pulau. Meskipun demikian, jasa kirim ini sangat bermanfaat, karena kini mengirim barang ke negara lain atau benua lain seperti membalikkan telapak tangan.

Hal-hal yang Menentukan Tarif Pengiriman

Bicara tentang harga jasa pengiriman barang suatu barang ke tempat lain, tarifnya sangat berbeda-beda. Hal itu dikarenakan ada beberapa hal yang mempengaruhinya.

Tak hanya volume paket, ada berbagai aspek lainnya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Berat Paket

Salah satu hal yang mempengaruhi harga ongkos kirim ialah berat paket. Apabila paketan tersebut bobotnya cukup berat melebihi 1 kg, maka umumnya dihitung 2 kg.

Semakin berat, maka makin mahal pula biayanya. Namun kini Anda juga bisa menggunakan kargo agar pengiriman menjadi lebih murah.

Tujuan Paket

Selain itu, tujuan pengiriman juga memiliki andil. Apabila ingin mengirimkan ke tempat jauh, maka siap-siap mengeluarkan dana berlebih. Bahkan, durasinya juga lebih lama dibandingkan lokasi terdekat.

Adanya Asuransi

Tarif pengiriman ini bervariasi karena terkadang suatu barang dikirim menggunakan asuransi, namun paketan lainnya tidak.

Adanya layanan tersebut memang menambah biaya sehingga Anda perlu menyiapkan lebih apabila ingin memakainya.

Itulah beberapa informasi penting yang harus dipahami tentang jasa pengiriman barang. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment

1 thought on “Jasa Pengiriman Barang yang Berkualitas: Kenali Layanan dan Keuntungannya!”