Cara Mudah Khatam Al-Quran dalam Sebulan Ramadhan

Bagaimana Cara Mudah Khatam Sebulan? Catatan Ramadhan #1 – Menyambut Ramadhan 1442 H, ingin sekali sharing nulis keteguhan dan catatan ringan 300an kata selama sebulan. Tahun lalu sih gagal, nggak tahu tahun ini gimana.

Tradisi Khatam Al-Quran saat Ramadhan

Salah satu hal yang sederhana dilakukan oleh lingkungan rumah menyambut Ramadhan adalah meningkatnya kuantitas membaca dan khatam Al-Quran. Apakah keluarga teman-teman melakukan hal yang sama?

Kuantitas ≠ Kualitas Pemahaman Kita Akan Islam

Kuantitas membaca Al-Quran memang tidak serta merta berkorelasi sebab akibat akan membuat pemahaman kita akan Al-Quran akan naik drastis. Namun, percayalah teman-teman bahwa setiap bacaan yang kita akan mendatangkan rahmat Allah SWT.

Manfaat Membaca Al-Quran

Sehingga jika dibarengi dengan belajar akan makna yang ada di dalamnya akan menjadi lebih muda. Maka dorongan membaca Al-Quran dengan mengkhatamkannya membuat hati kita akan bertaut lebih kencang untuk mempelajarinya. InsyaAllah.

Cara Mudah Khatam Al-Quran Sebulan Ramadhan

Khatam Al-Quran dimaknai dengan selesainya proses baca membaca Al-Quran sebanyak 30 Juz dalam satu periode bacaan. Asumsi apabila Ramadhan 1442 H di tahun 2021 ini memiliki jumlah hari Ramadhan yang sama dengan banyaknya Juz, 30.

Related:   7 Peristiwa Olahraga Paling Bersejarah di Indonesia

Maka perhitungan akan berapa halaman atau lembar terbaca dalam sehari untuk mengejar khatam Al-Quran berapa kali dalam sebulan akan semakin mudah.

Contohnya setiap satu hari kita bisa membaca satu Juz di Al-Quran dan mampu untuk menjaga konsistensinya, di hari ketiga puluh ketika Ramadhan selesai kita bisa berhasil sekali mengkhatamkan Al-Quran.

Faktor dalam Usaha Khatam Al-Quran

Sekarang coba kita bedah singkat untuk hal ini. Bagaimana cara mudah untuk baca satu, dua, tiga, dan banyak Juz dalam sehari. Pendekatannya bisa macam-macam. Bisa menyesuaikan dengan jam aktif bekerja atau berkegiatan kita. Bisa menyesuaikan dengan berapa cepat kita bisa membaca Al-Quran juga.

Waktu Orang Membaca Al-Quran dengan Nyaman Satu Juz

Harus dipahami membaca Al-Quran sekaligus satu Juz membutuhkan waktu yang lumayan. Bagi sebagian yang belum biasa akan sangat membosankan. Saya rasa orang akan mulai bosan membaca Al-Quran pada 10-20 menit awal. Ini hipotesa saya sih.

Kecepatan Orang Membaca Al-Quran Satu Juz

Kecepatan membaca juga sama. Ada yang mungkin baru bisa khatam satu Juz dengan waktu lebih dari 1 jam. Ada yang hanya butuh kurang dari satu jam. Saya sendiri di 30-40an menit dengan tartil yang didengungkan saat khataman Pondok Pesantren di Jawa.

Waktu Longgar Membaca Al-Quran dalam Sehari

Waktu aktif bekerja juga penting. Sebagai orang yang pernah bekerja di jakarta. Waktu siang setelah Dzuhur dan Asar ternyata cukup repot untuk membaca Al-Quran dengan waktu yang lama. Bahkan maghrib juga bisa mepet terpangkas waktu pulang kantor.

Islam memberi kemudahan atas segala hal permasalahan diatas. Tidak ada kewajiban untuk membaca di jam tertentu dan berapa Juz dalam sehari. Maka kita bisa distribusikan agar amalan membaca Al-Quran bisa kita dapat.

Related:   Proyek, Program, Portofolio, dan Pengelolaan Operasi, Apa Perbedaannya?

Jumlah Lembar dan Halaman Al-Quran dalam Satu Juz

Perlu diketahui biasanya dalam satu Juz di dalam Al-Quran terbitan Depag atau Al-Haramain terdapat 10 lembar atau 20 halaman. Tinggal dibagi dengan berapa waktu kita yang longgar.

Membaca Khatam Al-Quran dalam Sebulan

Misal waktu kita longgar bisa 5x dalam sehari setelah sholat, butuh 2 lembar setiap habis sholat. Apabila waktu kosongnya hanya ada 3x dalam sehari setelah Shubuh, Maghrib, Tarawih maka kita bisa masukkan 7 halaman. Apabila hanya bisa 2x setelah Shubuh dan Tarawih. Maka kita perlu 5 lembar setelahnya.

Prioritas dalam Membaca Al-Quran

Jangan lupa bahwa segala hal perlu dimulai. Memang kadang iman naik turun, hari semangat besoknya malas lagi. Segera cari lingkaran terdekat atau kalau saya berpikir tentang filosofi batu besar dan pasir dalam botol.

Filosofi Batu Besar

Ibadah adalah hal nomor satu seperti batu besar, hal lainnya adalah pasir yang mengisi setiap celah yang ada di dalam botol tersebut. Setiap hal yang kita lakukan setiap hari adalah cara kita mengisi botol tersebut dengan pasir yang sebelumnya sudah kita tata dengan batu besar ibadah kita.

Jar of Life – Big Rock Philosophy – Put important things first

Epilog

Semoga niat tulus khusyuk kita agar mendapat banyak amalan yang baik di Ramadhan kali ini bisa dimudahkan oleh Allah SWT. Semoga setelah Ramadhan ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik, membawa banyak manfaat maslahat ke masyarakat di dunia, serta mendorong masyarakat sekitar kita menjadi masyarakat madani yang membawa kita ke Surga-Nya.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment