gambar dari uniquephysique.net

Dalam sejarah manusia, perilaku konstruktif yang mengantarkan kepada kesejahteraan ditunjukkan beberapa manusia terpilih (the chosen man). Namun dibalik itu semua ada pondasi usaha untuk mencapai keberhasilan. Hal tersebut ditunjukkan oleh sikap yang kita sebut konsisten. Kita mengenal pengertian konsistensi dalam khazanah bahasa Indonesia lewat KBBI dan ilmu berfikir yang dijelaskan lewat logika.

Menurut KBBI, konsistensi/kon·sis·ten·si/ /konsisténsi/ n 1 ketetapan dan kemantapan (dalam bertindak); ketaatasasan: kebijakan pemerintah mencerminkan suatu — dalam menghadapi pembangunan yang sedang kita laksanakan; 2 kekentalan: — agar-agar; 3 kepadatan, kepejalan, atau ketetalan jaringan yang menyusun bagian tubuh buah; 4 Geo a ketahanan suatu material terhadap perubahan bentuk atau perpecahan; b derajat kohesi atau adhesi massa tanah;

Sedangkan menurut logika, konsistensi diambil dari kata consistency di bahasa Inggris, dikutip dari The Cambridge Dictionary of Philosiphy, konsistensi dijelaskan dalam narasi yaitu semantik yang tidak mengandung kontradiksi dengan semantik lainnya.

Bagaimana konsistensi dibangun?

Konsistensi dibangun dengan keteguhan atau menurut Angela Lee Duckworth di kenal sebagai Grit. Konsistensi bisa disarikan dalam 3 hal:

1. Dari hal kecil

Dimulai dari hal yang kecil yang sangat mungkin sudah bisa kita lakukan. Atau usaha kita mencapai hal tersbut masih dekat dengan kemampuan kita.

2. Berulang

Inti konsisten adalah mengulangi kegiatan atau semantik yang sudah kita lakukan di masa sebelumnya. Semantik yang sudah dilakukan dilakukan berulang, sehingga tidak akan menjadi kontradiksi terhadap semantik di masa depan

3. Keteguhan

Adanya keteguhan membuat usaha untuk tetap tidak melakukan kontradiksi terhadap semantik di masa selanjutnya akan terjaga

Ketika konsistensi telah terbangun, jembatan menuju hal besar telah kita sudah besar. Anggap konsistensi dengan analogi bensin atau bahan bakar. Ketika bahan bakar yang dipunyai berkualitas dan cukup. Maka perjalanan mencapai tujuan akan nyaman dan sampai ke titik tujuan.

Kategori: pandangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *