Masa Penerimaan Siswa Baru

siswa sekolah
Siswa Sekolah Diambil dari blogspot.com

PPDB SMPN Ponorogo

Hari-hari PPDB SMP seperti ini selama bertahun tahun terakhir bapak setiap hari menerima belasan orang tua murid yang ndilalah anaknya bermasalah dengan kemampuan dan atau ketidakberuntungan dalam UN.

Uniknya hal ini ndak hanya dilakukan oleh orang terdekat saja. orang yang baru ketemu sekali pun seolah olah berubah menjadi sangat dekat. Hal ini juga disebabkan terhadap fakta bahwa sekolah dimana bapak mengajar adalah SMP alternatif paling favorit siswa setidaknya di kabupaten ini.

Fakta lain bahwa bapak pernah menjadi ketua panitia ppdb dan jabatan struktural di sekolah yang mengurus hal itu. Jabatan itu sebenarnya sudah lama untuk tidak diampu. Namun tamu tamu tetap saja berdatangan.

Bapak Menghadapi Oknum Siswa dan Orang Tua

Hal pertama tama yang bapak ibu, oknum siswa dan orang tua, lakukan ketika bertamu dalam hal seperti ini yaitu basa basi hubungan dengan bapak atau ibu dahulu. Setelah habis seluruh basa basi maka dilancarkan jurus kedua yaitu status quo si anak ketika bersekolah dahulu.

Yang akhirnya disempurnakan dengan hasil ujian terakhir yang kurang memuaskan.jurus ketiga yaitu menanyakan jalur jalur masuk yang ada di smp bapak. Sambil menanyakan kemungkinan untuk masuk dari jalur belakang yang terlarang.

Kalau sudah tidak ada kemungkinan menanyakan hal tersebut maka beliau orang tua wali menanyakan sebab musabab tujuan utama kedatangannya kali ini.

Bapak Menjaga Integritas dalam Pendidikan

Menghadapi hal tersebut, bapak sebenarnya berusaha sangat sabar, menjawab jujur segala hal yang ingin ditanyakan. Menjawab bahwa jalur masuk cuma ada dua yaitu tes dan hasil UN. Ada juga yang memaksa untuk berani membayar berapapun agar anaknya masuk sebagai siswa di smp bapak.

Namun bapak tetap bergeming. Berusaha mempertahankan idealisme bahwa hal ini bukan hal yang baik. hal yang ndak baik juga akan membawa kepada hal yang ndak baik. Bapak berusah tetep mesem walaupun terus ditekan.

Kami Sekeluarga Melihat Fenomena Ini

Dibalik lemari ruang tamu keluarga sebenarnya saya, adik, dan ibu selalu berdoa supaya Gusti mau memberi jalan bapak agar tetap sabar dan pada jalan yang benar, hehe.

Yang paling berkesan buat saya selalu pas jawaban terakhir bapak selalu bilang

“mpun dicobi mawon ingkang jalur tes, kulo nggih gadah soal soal tahun lalu, niki saged di gandakan, mugi mugi lewat jalur tes putro njenengan saged klebet. umpami mboten mugi teng smp sanes saged tambah berkembang potensinipun. ngoten mawon nggih.”

Ya, mungkin itu yang saya rasakan hari hari ini selama beberapa tahun terakhir. Semoga bapak selalu diberi istiqomah. Semoga adik-adik yang mau masuk SMP diberi kemudahan masuk SMP terbaik yang mampu mengembangkan semua potensinya.

Doa Untuk Seluruh Pelaku Pendidikan dalam PPDB Sekolah

Semoga bapak ibuk wali juga diberi ketabahan untuk mengatasi nikmat dan cobaan ini. Semoga teman-teman dan calon siswa yang membaca diberi kemudahan untuk bersekolah setinggi-tingginya untuk memberi manfaat sebesar-besarnya kepada lingkungan di sekitarnya.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment