Hack Ini Cara Baca Artikel di Medium 100% Gratis

Tutorial Membaca Artikel Medium 100% Gratis. Medium platform blog/penerbit yang pernah ingin merevolusi media online, telah menempatkan kontennya di balik paywall $5/bulan dengan metode subscribe. Setelah beberapa artikel gratis per bulan (biasanya hanya 6), teman-teman tidak dapat membaca apa pun tanpa membayar.

Pernah ada masanya portal ini benar-benar gratis, tanpa ada paywall, atau subscribe content sebelum negara api menyerang. Saat itu saya menulis isu infrastruktur Indonesia di Kastrat HMS ITB.

Namun tidak perlu khawatir apabila telah kehabisan jatah membaca konten yang seringkali menarik. Saya ada beberapa tips, trik, berupa Tutorial Membaca Artikel Medium 100% Gratis.

Baca Artikel Medium Memanfaatkan Link Twitter 

Sejak Februari, artikel Medium telah gratis ketika teman-teman mengunjungi mereka dari link Twitter. Jadi, jika seseorang men-tweet link Medium atau mengirimkannya dalam pesan langsung/DM, siapa pun yang mengklik tautan tidak akan terkena paywall.

Ini bahkan berlaku ketika Anda DM sendiri. Ini cara termudah menurut saya untuk melihat artikel Medium apa pun secara gratis.

Jika teman-teman menekan Medium paywall, buka saja Twitter, buka DM teman-teman, dan DM sendiri tautannya. Kemudian klik tautan dari DM teman-teman sendiri, dan teman-teman bisa masuk. Ini hanya usaha yang sedikit dibandingkan menjebol paywall di New York Times atau Wall Street Journal, hehe.

Saya menguji cara dengan DM ini dengan belasan tautan berturut-turut, dari berbagai publikasi Medium, dan tetap berfungsi. Jadi, jika ada batasan jumlah artikel yang bisa dibacara pada trik ini, mungkin itu angka yang berlebihan menurut Medium.

Setelah teman-teman menempelkan banyak URL ke Twitter setiap hari, teman-teman telah menghemat lima dolar sebulan, hehe.

Jadi saya singkat penjelas tutorialnya menjadi beberapa langkah seperti ini

  1. Buka artikel Medium yang teman-teman yang ingin baca, namun dibatasi oleh paywall.
  2. Copy link halaman artikel Medium yang anda ingin baca.
  3. Buka Twitter, copy link halaman artikel Medium ke postingan timeline Twitter atau ke DM teman-teman sendiri.
  4. Klik link halaman tersebut. Baca dengan nyaman, aman, dan santuy.

Menggunakan Ekstensi Mozilla

Cukup satu langkah untuk memulai Membaca Artikel Medium Gratis. Teman-teman bisa dengan menginstal ekstensi dibawah ini, heh.

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/tentara-containers/

Cara ini dapat membuka semua situs seperti Medium, Bloomberg, dll yang memerlukan paywall atau subscribe bayar untuk membaca artikelnya. Dengan cara ini, sudah tidak ada lagi batasan artikel yang bisa teman-teman baca.

Menggunakan Portal Akun Pocket.com

Teman-teman bisa mendaftar untuk akun Pocket (getpocket.com), yang merupakan layanan bookmark dan menyimpan artikel. Teman-teman dapat membaca sebagian besar halaman web New York Times, meskipun hanya pada antarmuka tampilan artikel Pocket.

Namun, itu sebenarnya bagus, karena tidak ada iklan di halaman. Jadi bagi teman-teman yang hanya ingin membaca, cara ini membuat halaman baca jadi jauh lebih bersih. Halaman Wall Street Journal TIDAK akan berfungsi. Namun digantikan dengan halaman putih bersih dari Pocket.

Saya menggunakan ekstensi web untuk mengeklik kanan tautan untuk menyimpannya di Pocket, dan dapat membacanya di laptop saya, atau perangkat apa pun yang saya masuki dengan aplikasi Pocket. Juga mudah untuk menyimpan halaman dari perangkat saya.

Selain itu, apabila teman-temam baru saja pergi ke beranda Medium (asumsikan teman-teman tidak punya akun) dan dapat menyimpan beberapa artikel ke Pocket serta membacanya tanpa pemberitahuan “you have # articles left for free”, hehe.

Jika teman-teman menyimpan sebuah artikel di Pocket, dan mulai membacanya, kemudian berhenti dan tutup aplikasi (web atau perangkat). Nati ketika teman-teman kembali ke artikel tersebut, maka halaman yang terbuka yaitu tempat Anda terakhir berhenti sebelumnya.

Hal ini akan sangat membantu untuk artikel panjang. Satu alasan lagi: jika teman-teman membuka aplikasi di perangkat Anda saat terhubung ke internet, semua artikel diunduh untuk dibaca secara offline.

Teman-teman dapat menandai, dan memiliki daftar utama dan arsip, dan teman-teman dapat mencari judul. Dan semuanya gratis!

Di bawah ini adalah tangkapan layar halaman Lifehacker ini di Chrome, baik yang asli (saya geser untuk menampilkan lebih banyak teks) dan di Pocket.

Membaca Artikel Medium Gratis lewat Pocket
Membaca Medium Gratis lewat Pocket

Menggunakan Developer di Twitter

Langsung saja langkah Membaca Artikel Medium 100% Gratis dengan developer tools di Twitter

  1. Buka t.co, domain yang dimiliki Twitter untuk pemendekan URL.
  2. Tekan F12 untuk membuka alat pengembang atau developer tools.
  3. Buka <body> dan cari <div> pertama.
  4. Klik hyperlink <a> pertama, dan tekan Enter.
  5. Di sini teman-teman dapat mengetik apapun untuk mengganti target tautan; paste di URL Sedang
  6. Tekan Enter untuk menyimpan.
  7. Klik pada ikon burung biru Twitter di halaman.
  8. Teman-teman akan dibawa ke artikel Medium tujuan, datang dari domain t.co dan melewati paywall

Saya tahu ini kedengarannya seperti ribet karena dalam delapan langkah, hehe. Tapi ini menjadi sangat detail untuk orang awam. Hanya membutuhkan beberapa detik dan tidak perlu masuk ke Twitter.

Diperlukan hanya satu pageload tambahan versus setidaknya tiga untuk mengunjungi Twitter, membuat DM, lalu membaca DM itu.

Saya pikir seharusnya cukup sederhana bagi pengembang ekstensi untuk menggunakan metode ini untuk mem-bypass paywall Medium secara otomatis, tetapi saya tidak cukup tahu tentang pengembangan ekstensi untuk melakukannya sendiri.

Kesimpulan dari Tutorial Membaca Artikel Medium Gratis

Saya pikir cara paling mudah untuk membaca artikel Medium dengan gratis yaitu dengan metode nomor 6, menggunakan Twitter. Lewat pernyataan Ev, sebagai CEO Medium, yang juga mantan petinggi Twitter, saya punya keyakinan cara ini paling legal dan bisa bertahan lama.

Apalagi platform Twitter merupakan salah satu microblogging paling rame yang paling sering kita gunakan. Cuma mengirim link pesan ke DM teman atau akun kita sendiri adalah cara paling mudah.

Menurut teman-teman cara mana yang paling mudah untuk membaca artikel medium dengan gratis? Apakah teman-teman mempunyai cara yang paling mudah untuk membaca artikel medium dengan gratis? Bagi pendapatmu di bawah ya.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment

2 thoughts on “Hack Ini Cara Baca Artikel di Medium 100% Gratis”