Mengapa Teknologi Informasi Pengaruhi Kehidupan?

Perkembangan Teknologi Informasi, Pengaruhi Segala Aspek Kehidupan – Perkembangan teknologi saat ini memang tidak bisa dihindari. Hampir seluruh aspek kehidupan dipengaruhi oleh teknologi. Mulai dari hal yang sederhana hingga hal yang paling rumit sekalipun. Perkembangan yang paling menonjol dirasakan pada ranah informasi. Sebagian besar informasi saat ini bisa diakses dengan mudah seiring dengan teknologi yang semakin canggih.

Namun dari sekian banyak perkembangan teknologi informasi yang ada, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu kelebihan yang bisa anda rasakan dari perkembangan informasi adalah mempermudah dalam memperoleh berbagai macam kabar berita terbaru. Disamping itu, anda juga bisa melakukan hubungan jarak jauh seperti komunikasi dengan waktu yang cukup singkat.

Akan tetapi, perkembangan teknologi informasi juga memiliki beberapa kekurangan seperti penyalahgunaan teknologi untuk hal-hal yang merugikan pribadi maupun orang lain. Selain itu karena jaringan informasi yang sangat luar, aksesnya sangat sulit untuk dikontrol terutama untuk anak-anak dan remaja.

Perkembangan Teknologi Yang Semakin Merata

Bagi anda yang bisa menggunakan perkembangan teknologi dengan benar, anda bisa menjadikanya sebagai lading untuk membantu mempermudah pekerjaan anda. Berikut ada beberapa manfaat perkembangan teknologi informasi yang bisa anda rasakan:

Mempermudah Komunikasi

Pada zaman dahulu, akses untuk berkomunikasi sangatlah terbatas. Dimana jarak dan waktu menjadi sebuah kendala yang menyebabkan seseorang tidak bisa menerima maupun mengirim informasi dengan cepat.

Dengan seiring perkembangan teknologi, anda bisa merasakan juga perkembangan komunikasi yang semakin mudah. Untuk dapat berkomunikasi jarak jauh dapat anda lakukan secara langsung bahkan anda bisa menggunakana fitur video call. Jadi seolah-olah jarak komukasinya menjadi sangat dekat.

Pentingnya sebuah komunikasi saat ini nampaknya juga menjadi salah satu alasan perkembangan teknologi informasi. Sebab dengan komunikasi anda akan mendapatkan dan mengirim pesan dan informasi dari teman, kerabat bahkan saudara anda. Saat ini yang paling marak adalah komunikasi via video call yang mana jumlah personal yang bisa berkomunikasi bisa lebih dari 3 orang.

Hal ini mendapatkan respon positif bagi masyarakat yang membutuhkan komunikasi jarak jauh dengan banyak orang. Disamping itu, biaya yang anda keluarkanpun juga semakin sedikit, mengingat untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain cukup anda lakukan via komunikasi online. Bahkan saat ini sudah banyak ditemukan para pelaku bisnis yang melakukan rapat secara online menggunakan media video call tersebut.

Memperoleh Informasi dengan Cepat

Perkembangan jaringan dan sinyal internet yang saat ini sudah merata, menjadikan informasi berada digenggaman anda. Apapun yang ingin tahu hanya tinggal klik, maka anda akan mendapatkan semua informasi yang anda butuhkan. Perkembangan teknologi informasi ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Sehingga apa yang diketahui oleh masyarakatpun juga semakin bertambah.

Efisiensi Waktu dan Biaya

Pada ranah bisnis, perkembangan teknologi informasi ini mempengaruhi banyak hal, utamanya pada biaya operasional dan waktu. Dimana jika pada dulunya operasional sebuah bisnis dilakukan secara manual, saat ini semuanya sudah berubah menjadi serba teknologi yang bahkan otomatis bisa berjalan dan hanya membutuhkan pengawasan saja. Tentu dari segi waktu juga sangat menguntungkan, mengingat operasional produksi pada sebuah bisnis bisa menjadi semakin cepat.

Jual Beli Online

Masyarakat yang saat ini sudah mulai melek teknologi nampaknya mampu memanfaatkannya dengan baik. Tak jarang dijumpai saat ini berbagai fitur di social media digunakan sebagai sarana jual beli. Dimana semua prosesnya mulai dari pemasaran, penjualan, pembelian hingga proses transaksi dilakukan secara online. Hal tersebut tentu mempermudah bagi para penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi.

Pembelajaran Online

Tak hanya pada proses jual beli, baru-baru ini bahkan pembelajaran berbasis online juga menunjukkan perkembangan dunia teknologi yang semakin maju. Tuntutan kondisi dan perkembangan zaman nampaknya sedikit demi sedikit menggeser proses pembelajaran yang awalnya bersifat konvensional menjadi serba online. Kemudahan pembelajaran online ini dirasakan sangat membantu bagi para guru maupun murid. Sebab mampu memangkas jarak, biaya dan waktu yang selama ini menjadi kendala.

Pekerjaan Online

Perkembangan IT juga membuat beberapa orang lebih mudah untuk bekerja. Terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang berbasis online. Seperti seorang freelancer, penulis konten, youtuber dan sebagainya. Meskipun terlihat hanya dirumah (tidak bekerja dikantor), mereka mampu mendapatkan penghasilan, bahkan bisa melebihi pendapatan dari para pekerja kantoran.

Anda sebagai salah satu yang merasakan perkembangan IT ini harus pandai dan jeli dalam memanfaatkanya. Gunakanlah perkembangan IT ini sebagai sarana untuk membuat anda semakin bekembang dan maju. Jangan sampai perkembangan IT ini membuat anda semakin merugi dan terpuruk.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment