Mengenal Masyarakat Madani: Tinjauan di Indonesia

Masyarakat Madani adalah masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya.

Sebelum menjadi Masyarakat Madani

Semua orang mendambakan kehidupan yang aman, damai dan sejahtera sebagaimana yang di cita-citakan masyarakat Indonesia, yaitu adil dan makmur bagi seluruh lapisan masyarakat. Untuk mencapainya berbagai sistem kenegaraan muncul, seperti demokrasi. Cita-cita suatu masyarakat tidak mungkin dicapai tanpa mengoptimalkan kualitas sumber daya manusia. 

Hal ini terlaksana apabila semua bidang pembangunan bergerak secara terpadu yang menjadikan manusia sebagai subjek. Pengembangan masyarakat sebagai sebuah kajian keilmuan dapat menyentuh keberadaan manusia yang berperadaban.

Pengembangan masyarakat merupakan sebuah proses yang dapat merubah watak, sikap, dan perilaku masyarakat ke arah pembangunan yang dicita-citakan.

Indikator dalam menentukan kemakmuran suatu bangsa sangat tergantung pada situasi dan kondisi serta kebutuhan masyarakatnya. Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia mencuatkan suatu kemakmuran yang didambakan yaitu terwujudnya Masyarakat Madani.

Munculnya istilah masyarakat madani pada era reformasi ini, tidak terlepas dari kondisi politik negara yang berlangsung selama ini.

Sejak Indonesia merdeka, masyarakat belum merasakan makna kemerdekaan yang sesungguhnya. Pemerintah atau penguasa belum banyak member kesempatan bagi semua lapisan masyarakat mengembangkan potensinya secara maksimal.

Related:   Infrastruktur di Ponorogo dan Harapan Berkemahasiswaan

Bangsa Indonesia belum terlambat mewujudkan Masyarakat Madani, asalkan semua potensi sumber daya manusia mendapat kesempatan berkembang dan dikembangkan. Mewujudkan masyarakat madani banyak tantangan yang harus dilalui. Untuk itu perlu adanya strategi peningkatan peran dan fungsi masyarakat dalam mengangkat martabat manusia menuju masyarakat madani itu sendiri.

Masyarakat Madinah Sebagai Rujukan Contoh Masyarakat Madani

Perujukan terhadap masyarakat Madinah sebagai tipikal masyarakat ideal bukan pada peniruan struktur masyarakatnya, tapi pada sifat-sifat yang menghiasi masyarakat ideal ini. Seperti pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar yang sejalan dengan petunjuk Ilahi, maupun persatuan yang kesatuan yang ditunjuk oleh ayat sebelumnya (lihat, QS. Ali Imran [3]: 105).

Adapun cara pelaksanaan amar ma’ruf nahi mungkar yang direstui Ilahi adalah dengan hikmah, nasehat, dan tutur kata yang baik sebagaimana yang tercermin dalam QS An-Nahl [16]: 125

Dalam rangka membangun “Masyarakat Madani modern”, meneladani Nabi bukan hanya penampilan fisik belaka, tapi sikap yang beliau peragakan saat berhubungan dengan sesama umat Islam ataupun dengan umat lain, seperti menjaga persatuan umat Islam, menghormati dan tidak meremehkan kelompok lain, berlaku adil kepada siapa saja, tidak melakukan pemaksaan agama, dan sifat-sifat luhur lainnya.

Kita juga harus meneladani sikap kaum Muslim awal yang tidak mendikotomikan antara kehidupan dunia dan akhirat. Mereka tidak meninggalkan dunia untuk akhiratnya dan tidak meninggalkan akhirat untuk dunianya. Mereka bersikap seimbang (tawassuth) dalam mengejar kebahagiaan dunia dan akhirat. Jika sikap yang melekat pada masyarakat Madinah mampu diteladani umat Islam saat ini, maka kebangkitan Islam hanya menunggu waktu saja.

Definisi Masyarakat Madani

Masyarakat Madani adalah masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya. Istilah Masyarakat Madani diperkenalkan oleh mantan wakil perdana meteri Malaysia yakni Anwar Ibrahim.

Related:   How To Manage Stress: 100% Seriously Hacked Your Life

Menurut Anwar Ibrahim, arti masyarakat madani adalah sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat.
 
Masyarakat Madani adalah kelembagaan sosial yang melindungi warga negara dari perwujudkan kekuasaan negara yang berlebihan. Masyarakat Madani merupakan tiang utama dalam kehidupan politik berdemokratis.

Wajib bagi setiap Masyarakat Madani yang tidak hanya melindungi warga negara dalam berhadapan dengan negara, namun Masyarakat Madani juga dapat merumuskan dan menyuarakan aspirasi masyarakat.

Definisi Masyarakat Madani Menurut Beberapa Ahli

Selain pengertian Masyarakat Madani diatas, banyak ilmuwan yang mendefinisikan pengertian Masyarakat Madani (civil society). Macam-macam pengertian Masyarakat Madani menurut para ahli adalah sebagai berikut,

Masyarakat Madani Menurut W.J.S Poerwadarminto

Menurut W.J.S Poerwadarminto, kata masyarakat berarti suatu pergaulan hidup manusia, sehimpunan orang yang hidup bersama dalam suatu tempat dengan ikatan dan aturan tertentu. Sedangkan kata madani berasal dari bahasa Arab yaitu madinah, artinya kota. Jadi secara etimologis, Masyarakat Madani berarti masyarakat kota.

Meskipun demikian, istilah kota tidak merujuk semata-mata kepada letak geografis, tetapi justru kepada karakter atau sifat-sifat tertentu yang cocok untuk penduduk kota. Dari sini Masyarakat Madani tidak asal masyarakat perkotaan, tetapi memiliki sifat yang cocok dengan orang kota, yaitu berperadaban.

Masyarakat Madani Menurut PBB

Pengertian Masyarakat Madani menurut PBB, adalah masyarakat yang demokratis dan menghargai human dignity atau hak-hak tanggung jawab manusia.

Masyarakat Madani Menurut Thomas Paine

Menurut Thomas Paine bahwa arti Masyarakat Madani adalah suatu ruang tempat warga dapat mengembangkan kepribadiannya dan memberi peluang bagi pemuasan kepentingan secara bebas dan tanpa paksaan.

Masyarakat Madani Menurut Nurcholis Madjid

Menurut Nurcholis Madjid yang mendefinisikan Masyarakat Madani sebagai masyarakat yang merujuk pada masyarakat islam yang perna dibanguna Nabi Muhammad SAW. di negeri Madinah.

Related:   Masa Penerimaan Siswa Baru

Masyarakat Madani Menurut Gellner

Menurut Gellner, pengertian Masyarakat Madani adalah sekelompok institusi/lembaga dan asosiasi yang cukup kuat untuk mencegah tirani politik, baik oleh negara maupun komunal/komunitas.

Masyarakat Madani Menurut Muhammad. A.S. Hikam

Pengertian Masyarakat Madani menurut Muhammad. A.S. Hikam adalah wilayah-wilayah kehidupan sosial yang terorganisasi dan bercirikan antara lain kesukarelaan, keswasembadaan dan keswadayaan, kemandirian tinggi terhadap negara, dan keterikatan dengan norma serta nilai-nilai hukum yang diikuti warganya.

Masyarakat Madani Menurut Dawan Rahardjo

Menurut Dawan Rahardjo, pengertian Masyarakat Madani adalah proses penciptaan peradaban yang mengacu kepada nilai-nilai kebijakan bersama.

Masyarakat Madani Menurut M. Hasyim

Pengertian Masyarakat Madani menurut M. Hasyim adalah masyarakat yang selalu memelihara perilaku yang beradab, sopan santun berbudaya tinggi, baik dalam menghadapi sesama manusia atau alam lainnya.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

14 thoughts on “Mengenal Masyarakat Madani: Tinjauan di Indonesia”

  1. Saya baru tahu bahwa konsep masyarakat madani itu seluas ini, sebelumnya saya beranggapan bahwa istilah masyarakat madani hanya ada di dalam masyarakat muslim, tapi ternyata istilah ini berlaku umum ya.

    Btw terima kasih sudah mampir ke blog saya, salam kenal juga Mas Reza 😀

    Reply
  2. Terima kasih atas ulasannya tentang masyarakat madani di Indonesia Kak, sangat membantu tugas saya di pandemi ini !

    Reply

Leave a Comment