Strategi Juara Satu Digital Marketing

Digital marketing atau DM adalah senjata baru dalam dunia jual beli daring. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pertumbuhan teknologi yang semakin pesat memang memberikan dampak besar dalam jual beli.

Pada zaman dahulu, promosi produk masih terbatas pada cara-cara manual atau offline. Saat ini, penting bagi berbagai pihak untuk menguasai strategi digital marketing untuk mendapatkan pasar.

Istilah DM mulai dikenal publik sejak meningkatnya penggunaan peralatan elektronik, khususnya smartphone dan internet. Sementara itu, pada konsepnya marketing merupakan usaha menjalin kontak dengan target.

Dimana hari ini lebih gampang didapatkan melalui internet. Selain itu, pekerjaannya juga akan lebih praktis, apabila dibandingkan dengan pemasaran secara offline.

Contoh Strategi Digital Marketing

Tidak peduli seberapa besar usaha yang sedang dirintis, teknik pemasaran yang benar harus menjadi fokus setiap pebisnis. Dengan begitu, barulah bisa mencapai hasil sesuai yang diinginkan. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh dari strategi digital marketing yang banyak digunakan oleh perusahaan :

Blogging – Menggunakan Teknik SEO

Teknik penulisan konten kreatif dengan Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu contoh strategi pemasaran digital yang paling banyak diminati. Pasalnya, dengan memasukkan kata kunci yang tepat, maka situs Anda akan selalu muncul di page 1 saat dicari. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi perusahaan yang menjajakan produk.

Meningkatkan visibilitas dengan memberikan beragam informasi yang berkualitas juga menjadi nilai plus. Jadi, calon konsumen juga bisa mendapatkan lebih banyak ilmu dari konten relevan yang diterbitkan.

Oleh sebab itu, menerbitkan konten secara konsisten dengan taktik SEO sangat direkomendasikan untuk menunjang kegiatan promosi usaha.

Email Marketing

Riset membuktikan bahwa email marketing merupakan cara efektif menjangkau konsumen. Di era ini, nyaris semua pengguna internet memiliki akun email. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media untuk mengirim berbagai penawaran produk maupun promo menarik. Namun, sebaiknya minta persetujuan terlebih dahulu dari konsumen.

Untuk mengirimkan email marketing, Anda bisa menggunakan beberapa layanan terpercaya. Khususnya yang mempunyai fitur newsletter. Fitur modern ini memungkinkan pihak tertentu memperoleh informasi terbaru dari suatu situs website. Cara aktivasinya juga sangat mudah, konsumen tinggal memasukkan alamat email valid, setelah itu tekan tombol subscribe.

Sosial Media Marketing

Memasarkan produk melalui platform sosial media merupakan salah satu strategi digital marketing yang paling mudah. Selain itu, penggunaannya juga gratis sehingga cocok untuk bisnis kecil yang budgetnya masih terbatas. Di sosial media, Anda tinggal upload produk maupun penawaran menarik supaya target bisa mengetahuinya.

Apalagi, saat ini sosial media sudah dilengkapi dengan berbagai tools canggih yang bisa mempermudah proses promosi bisnis. Tapi jangan lupa untuk terus mendorong kenaikan jumlah pertemanan maupun followers, sehingga jangkauan pasar lebih luas.

Apabila memiliki anggaran lebih, maka tidak ada salahnya menggunakan iklan berbayar to boost your business. Namun sebelum memilih tools-nya, perhatikan 3 aspek seperti visitor, budget, dan terakhir commerciality. Sebab ketiganya akan berdampak besar pada perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Salah satu contoh paid ads yang bisa dijadikan referensi adalah PPC (Pay Per Click). Iklan jenis ini biasanya muncul di sisi atas halaman mesin penelusuran. Jadi, kalau Anda membuatnya melalui Google Ads, Anda tinggal mencari keyword yang relevan. Nantinya calon konsumen yang memasukkan keyword tersebut akan langsung melihat iklan Anda.

Apa itu Digital Marketing

Dikutip dari blog Qwords, digital marketing merupakan sebuah proses mempromosikan bisnis melalui internet. Ada banyak sekali strategi yang bisa diaplikasikan untuk mencapai tujuan marketing di platform digital.

Namun semuanya memiliki satu tujuan yang sama, yakni meningkatkan brand awareness, dan mendapatkan pasar yang luas untuk menjual produk dari merek tersebut.

Pemasaran digital meliputi semua usaha marketing yang dilakukan dengan menjadikan perangkat elektronik sebagai medianya. Termasuk juga televisi, radio, serta internet untuk terhubung dengan konsumen, maupun calon konsumen potensial. Saat ini, bisa dibilang bahwa semua pelaku usaha memakai konsep ini untuk meningkatkan jumlah penjualan produk.

Strategi pemasaran digital dapat dikerjakan secara independen, maupun menyewa jasa digital marketing. Jika ingin melakukannya sendiri, maka make sure Anda memiliki pengetahuan yang cukup dalam dunia pemasaran online.

Selain itu, pastikan juga tahu bagaimana cara menggunakan berbagai tools yang ada sehingga bisa mencapai target yang ditetapkan.

Dalam penerapannya, digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Biaya lebih terjangkau
  • Mudah merubah strategi
  • Jangkauan target pasar lebih besar
  • Lebih mudah membidik target konsumen potensial
  • Analisis result lebih akurat
  • Persaingan lebih kompetitif

Menemukan strategi digital marketing yang tepat akan membantu Anda menghemat waktu serta sumber daya dalam menaikkan keuntungan bisnis. Oleh karenanya, dibutuhkan riset yang mendalam sebelum memilih untuk fokus menjalankan strategi tertentu. Selain itu, pastikan kalau perusahaan Anda memiliki abillity untuk mendukung proses pemasaran digital.

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment