Tahapan Pengadaan Barang Jasa Owner BUMN

Tahapan Pengadaan Barang Jasa Owner BUMN – Ramadan #23 – Ini series ketiga mengenai bagaimana proses dan tahapan pengadaan barang jasa owner BUMN dilaksanakan. Kita coba bedah, belajar, mulai dari identifikasi kebutuhan sampai penganggaran.

Series ini bagian dari series Ramadan yang sedan giat saya tulis. Semoga banyak baiknya diterima. Silahkan sitasi apabila membutuhkan. Saya sertakan sumbernya di akhir series tulisan.

Tahapan Pengadaan Barang Jasa Owner BUMN

Ada beberapa proses tahapan pengadaan barang jasa owner BUMN yaitu:

  1. Identifikasi Kebutuhan
  2. Penetapan Barang dan Jasa
  3. Cara Pengadaan Barang dan Jasa
  4. Jadwal Pengadaan Barang dan Jasa
  5. Penganggaran Barang dan Jasa

Identifikasi Kebutuhan di Tahapan Pengadaan Barang Jasa Owner BUMN

Lingkup kegiatan yang terdapat pada tahap ini meliputi analisis, survey dan riset barang dan jasa yang dibutuhkan melalui:

  • Identifikasi kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan untuk menunjang pencapaian tugas dan tujuan organisasi (baik tujuan jangka pendek, menengah atau jangka panjang) berdasarkan prediksi hasil analisis belanja, survey dan riset pasar tentang kebutuhan barang dan jasa yang sedang diperlukan.
  • Penyusunan kebutuhan barang dan jasa yang telah diidentifikasi pada langkah sebelumnya, yang dapat dibuat menjadi rencana kebutuhan organisasi yang disahkan.

Jumlah kebutuhan barang dan jasa dapat ditetapkan dengan mempertimbangkan besaran organisasi atau jumlah pegawai dalam satu organisasi, beban tugas serta tanggung jawabnya serta barang dan jasa yang telah tersedia/dimiliki/dikuasai.

Identifikasi kebutuhan barang dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, antara lain:

  • Kesesuaian barang menurut jenis, fungsi atau kegunaan, ukuran atau kapasitas serta jumlah masing-masing barang yang diperlukan.
  • Penilaian status kelayakan barang yang ada, apabila akan digunakan atau dimanfaatkan layak secara ekonomi dan keamanan.
  • Mengetahui riwayat kebutuhan barang, meliputi waktu saat pengiriman barang dan saat serah terima barang agar dapat segera digunakan.
  • Pihak yang memerlukan (sebagai pengelola atau pengguna barang).
  • Cara pengangkutan, penimbunan atau penyimpanan, pengoperasian atau penggunaan, pemeliharaan barang dan pelatihan.
Related:   Kelompok Proses Manajemen Proyek, Bagaimana Ringkasannya?

Penetapan di Tahapan Pengadaan Barang Jasa Owner BUMN

Tahap penetapan barang dan jasa sesuai kebutuhan organisasi dilakukan dengan melihat paket dan prioritas pengadaan barang dan jasa. Lingkup kegiatan yang terdapat pada tahap ini meliputi:

  • Menyusun paket pengadaan barang dan jasa secara cermat dengan menggabungkan kebutuhan sejenis dan/atau memecah pengadaan yang memang seharusnya dipisah.
  • Menentukan prioritas paket pengadaan barang dan jasa guna menunjang kegiatan yang bersifat rutin pada setiap tahun anggaran secara tepat berdasarkan urgensi dan risiko atau dampaknya.

Penetapan barang dan jasa yang dibutuhkan juga dilakukan terhadap pekerjaan yang dilakukan secara terintegrasi dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Penentuan jenis pengadaan yang akan dilaksanakan melalui pekerjaan terintegrasi.
  • Penentuan pekerjaan terintegrasi berdasarkan jenis, fungsi atau manfaat, dan target atau sasaran yang ingin dicapai.
  • Waktu penyelesaian pekerjaan terintegrasi, sehingga dapat segera dimanfaatkan sesuai dengan rencana.
  • Penggunaan barang atau material yang berasal dari dalam negeri atau luar negeri.
  • Persentase bagian atau komponen dalam negeri terhadap keseluruhan pekerjaan
Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment