Ini Dia Tempat Beli Obat 24 Jam!

Ini Dia Tempat Beli Obat 24 Jam! – Apa yang terjadi apabila anda menderita gejala penyakit pada malam hari? Seperti misalnya, jam 12 malam anda terbangun dari tidur dan merasakan gejala sakit perut yang sangat parah.

Tentu anda akan cukup panik, sebab malam hari biasanya apotek dan tempat membeli obat sebagian besar tutup. Mungkin anda sudah tahu obat apa yang akan dibeli sebab penyakit anda sama sekali bukan penyakit berat tapi dengan gejala yang sangat terasa tentu anda akan menjadi sangat terganggu.

Dewasa ini fasilitas kesehatan dan kefarmasian sudah sangat fleksibel. Untuk urusan kesehatan kebanyakan dari fasilitas ini tidak mengenal waktu operasi, banyak diantara mereka yang buka 24 jam. Berikut akan kita bahas beberapa fasilitas kesehatan yang dapat menyediakan obat selama 24 jam sehari.

Fasilitas Unit Gawat Darurat untuk Mendapat Obat

Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anda untuk mengunjungi Unit Gawat Darurat atau UGD di rumah sakit terdekat, tapi opsi ini sangat masuk akal. UGD menerima pasien dengan gejala yang parah, misal sakit perut parah, sakit kepala parah, atau demam tinggi, mereka menerima pasien seperti ini tanpa membeda-bedakan riwayat penyakit pasien.

Melalui fasilitas UGD anda bisa mendapatkan obat yang bervariasi, mulai dari sekedar obat penenang, obat penghilang sakit, obat pereda gejala penyakit sampai obat untuk pasien kritis.

Biasanya apabila riwayat penyakit pasien ternyata tidak begitu membahayakan maka pasien dapat dipulangkan segera setelah menerima obat yang diperlukan. Tapi banyak juga pasien yang harus meneruskan untuk rawat inap setelah melalui UGD.

UGD juga menerima penderita penyakit yang memakai kartu BPJS, jadi jangan takut masalah biaya.

Tempat Beli Obat Apotek 24 Jam

Sekarang ini banyak apotek yang buka 24 jam dari pagi hari sampai pagi harinya lagi. Apotek 24 Jam ini sangat diperlukan untuk keadaan darurat. Hampir di semua kota apotek 24 jam selalu ada, contohnya K24 atau apotek kimia farma juga ada yang buka 24 jam.

Tapi tentu anda harus hati-hati juga sebab pembelian obat melalui apotek tidak boleh sembarangan, ada obat yang bebas anda beli tanpa resep dokter, ada juga yang harus dengan resep dokter.

Pastikan obat yang akan dibeli bukan obat keras tapi obat bebas sehingga membeli obat pada apotek 24 jam menjadi aman dari efek samping. Pilihan lain adalah dengan copy resep, kasus ini terjadi apabila anda sudah pernah mendapatkan resep obat dari dokter dan anda masih menyimpan salinan resep.

Salinan resep ini bisa anda gunakan lagi untuk membeli obat yang sama di apotek dalam keadaan darurat.

Tempat Beli Obat Apotek Online 24 Jam

Sarana kefarmasian jenis ini adalah jenis baru yang mengikuti perkembangan teknologi. Apotek 24 Jam yang beroperasi secara online adalah sama seperti halnya apotek 24 jam biasa, bedanya adalah anda bisa memesan obat dari rumah tanpa perlu datang ke apotek tersebut.

Apotek online 24 jam ini biasanya mempunyai website atau aplikasi yang bisa diakses oleh semua orang dalam 24 jam. Anda tinggal memilih obat mana yang ingin dibeli secara online.

Kemudian anda melakukan pembayaran secara online juga. Obat yang sudah anda pesan akan dikirimkan melalui jasa kurir yang juga beroperasi 24 jam. Beruntung sekarang ini jasa kurir yang beroperasi 24 jam juga banyak, misalnya Go Send atau Grab.

Sama seperti membeli obat melalui apotek, anda juga harus memperhatikan jenis obat apa yang dibeli melalui apotek online 24 jam ini. Apakah obat bebas ataukah obat keras dengan resep dokter. Jangan membeli obat keras tanpa resep dokter.

Dengan solusi apotek 24 jam, beberapa hal yang dulu menjadi masalah akan tuntas tanpa menjadi masalah tambahan. Teknologi yang ada membuat semua menjadi lebih mudah. Adanya fasilitas gojek grab dan kemudahan teknologi informasi membuat semua hal yang dulu perlu waktu untuk bertransport mengambil dan membeli obart di warung atau apotek, tinggal diantar oleh kurir.

Jadi sekarang teman-teman akan punya banyak pilihan apabila dalam kondisi darurat membutuhkan solusi obat yang hadir seharian 24 jam penuh~

Share on:
About Reza Prama Arviandi

A graduate student from the Department of Civil Engineering ITB who has a passion in the field of civil infrastructure, big data analysis, and community empowerment.

Leave a Comment